Human Interest

Banjir Terjang Dua Kecamatan, Ratusan Rumah Tergenang

Kota Pekalongan – Akibat Hujan lebat disertai angin kencang terjang Dua Kecamatan di Kota Pekalongan
pada Rabu (13/3/2024) kemaren, Ratusan Rumah Warga Terdampak Banjir.

Selain menggenangi ratusan rumah warga curah hujan tinggi beserta angin sebabkan 30 rumah di Kelurahan Tirto rusak. Sejumlah rumah rusak parah dan sebagian  rumah lainnya mengalami rusak ringan akibat tertimpa atap.

Kepala BPBD Kota Pekalongan, April menjelaskan, angin puting beliung terjadi pada kemaren sekitar. Tiga kelurahan yang terdampak yakni Kelurahan Tirto, Pasirkratonkramat dan Bendan Kergon.

“Dari catatan, ada 30 KK (Kepala Keluarga) yang terdampak atau 117 warga,” kata Wali Kota saat meninjau rumah warga yang rusak akibat angin puting beliung di RW 01 dan RW 08 Kelurahan Tirto.

Menurut dia, kerusakan rumah paling parah terjadi pada rumah warga yang menggunakan atap galvalum. Atap galvalum, lanjut dia, terbang sampai 500 meter. Warga yang rumahnya mengalami kerusakan parah diimbau untuk mengungsi terlebih dahulu. Pemkot Pekalongan menyiapkan tempat pengungsian di TPQ Al Hikmah.

“Tindak lanjut atas bencana cuaca ekstrim langsung diatasi bersama secara gotong royong dengan warga. Personal Kodim 0710/Pekalongan dan Polres Pekalongan Kota serta personil BPBD Kota Pekalongan,” jelasnya.

Sementara salah seorang warga terdampak banjir, Asep menyampaikan ketinggian air dari sore kemaren hingga, Kamis (14/3/2024) siang ini semakin bertambah.

“Banjir mulai masuk ke dalam rumah itu sejak jam 19.00 WIB, dan belum surut sampai saat ini, ketinggian air mencapai pinggang orang dewasa,”terangnya.

Pihaknya berharap, evakuasi dan perbaikan berjalan dengan lancar. Meskipun, langit masih temaram dan mendung menggelayut di langit Kota Pekalongan hingga hari ini.

(Penulis : Teddy)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button