Dengan tujuan agar pelatih bisa menyusun program latihan sehingga target prestasi jelas dan terukur. KONI Kabupaten Pekalongan mengadakan Pelatihan Penyusunan Program Latihan dan Pelatihan Peningkatan Kondisi Fisik bagi Pelatih Cabang Olahraga untuk semua pelatih di Kabupaten Pekalongan.

Ketua KONI Kabupaten Pekalongan, Eko Ahmadi menerangkan bahwa pelatihan ini bekerjasama dengan Lembaga Akreditasi Nasional Keolahragaan yang merupakan satu-satunya lembaga milik KONI Pusat yang bekerjasama dengan KONI Daerah.

“Ini merupakan yang pertama kalinya untuk KONI Kabupaten Pekalongan yang merupakan satu-satunya KONI Kabupaten yang mengadakan pelatihan untuk pelatih seperti ini khususnya di Jawa Tengah,” ucapnya, Jumat (10/1/2020).

Eko Ahmadi menjelaskan bahwa Dalam mencapai prestasi itu tidak mungkin hanya atlet saja yang diberi pelatihan tetapi pelatihnya juga harus diberikan juga agar tertata, terprogram dan terukur. Prinsipnya, pelatih dilatih agar bisa menyusun program latihan dengan tujuan target prestasinya jelas dan terukur.

“Selama ini pelatih itu melatih atlet secara alami saja, tidak ada sport science dan ipteknya,” terangnya.

KONI berharap dengan adanya pelatihan seperti ini dan juga ada akreditasinya. Saya berharap mereka bisa menyusun program latihan dan berdasarkan undang-undang sistem keolahragaan bahwa pelatih yang sudah terakreditasi, beliau punya hak untuk mendapatkan tunjangan fungsional dari pemerintah daerah.

“Semoga pemerintah daerah juga memperhatikan point itu sebagai upaya untuk mendongkrak prestasi di Kabupaten Pekalongan,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi melalui Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata, Bambang Irianto menyampaikan bahwa Pemkab Pekalongan sangat mengapresiasi apa yang sudah dilakukan KONI Kabupaten Pekalongan dengan kepengurusan yang baru ini langsung bergerak cepat.

“Memang prestasi di Kabupaten Pekalongan ini kondisinya belum menggembirakan. Sehingga menurut kami kegiatan ini merupakan awalan yang sangat bagus dan Pemkab Pekalongan sangat mengapresiasi sekali,” ujarnya.

Seperti yang pernah disampaikan oleh Bupati Asip bahwa mempunyai atlet yang bagus pun jika tidak didukung oleh pelatih yang handal dan memiliki program kerja yang bagus termasuk manajemen didalamnya maka untuk menggapai prestasi itu tidak bisa maksimal. jadi kami sangat mendukung apa yang sudah dilakukan KONI Kabupaten Pekalongan.

Kegiatan tersebut berlangsung selama 4 hari mulai tanggal 10 – 13 Januari 2020 di Gedung PPNI Kajen Kabupaten Pekalongan dan diikuti oleh 50 pelatih dan sebagian ada yang sekaligus sebagai guru olahraga dari 37 cabor serta menghadirkan pemateri nasional yaitu Dr. Ria Lumintuarso, MSi dan Dr. Devi Tirtawirya, M.Or.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here