Wakil Bupati Pekalongan Arini Harimurti menegaskan bahwa relawan adalah jantungnya Palang Merah Indonesia (PMI). Karena tanpa keberadaan relawan, PMI bukan apa-apa.

Demikian disampaikannya dalam kegiatan Apel Hari Relawan PMI yang ke 15 tahun 2019 yang dilaksanakan di Markas PMI Kabupaten Pekalongan, Jumat (27/12/2019).

Dijelaskannya, PMI memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para relawan dengan harapan semangat mereka diteruskan kepada generasi berikutnya. “regenerasi harus ada, selama ini mereka sudah bekerja dengan baik sehingga mendapat kepercayaan dari masyarakat. Untuk itu saya tekankan untuk menjaga kepercayaan itu,” katanya.

Arini yang juga menjabat sebagai Ketua PMI Kabupaten Pekalongan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para relawan yang sudah mencurahkan tenaga dan pikiran untuk membantu kemanusiaan. “dan tak jarang para relawan ini dalam melaksanakan tugas mengancam jiwanya sendiri, seperti kawan-kawan kita yang terpaksa gugur pada saat mengemban misi kemanusiaan,” tambahnya.

Selanjutnya, Wabup meminta kepada para relawan untuk menyiapkan sumber daya manusia yang profesional. “sikap profesional dibuktikan dengan berwawasan luas, memiliki kompetensi, sportif, jujur dan menjunjung etika,” paparnya.

Dan tak lupa, dirinya meminta relawan untuk mempublikasikan setiap kegiatan, karena hal itu bagian dari pertanggungjawaban terhadap masyarakat. “teruslah bergerak, terus menjaga jiwa kesukarelawanan, terus memegang 7 prinsip kemanusiaan, terus meningkatkan kemampuan dan ketrampilan dalam mengabdi untuk kemanusiaan,” pesannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here