Pembangunan gedung kantor bersama yang berlokasi di lingkungan Pemkab Pekalongan, Jalan Sindoro No 1 Kajen, kini sudah selesai. Dalam waktu dekat, sekitar bulan Januari tahun depan bisa segera diresmikan dan difungsikan. Demikian dikatakan Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi, saat meninjau hasil pembangunan di gedung kantor bersama, Kamis (26/12 /2019) pagi.

Rencananya, gedung itu difungsikan untuk kegiatan-kegiatan yang berkaitan dan membantu pemerintahan, seperti PKK, Darma Wanita, GOW, Forum Anak, Komisi Perempuan, dan lain-lain. Sejumlah perkumpulan tersebut nantinya bisa menempati yang dimanfaatkan sebagi tempat kesekretariatan.

”Apalagi di lantai atas ada ruangan cukup besar yang dijadikan aula sehingga semua kegiatan yang sifatnya publik bisa diselenggarakan di tempat itu,” katanya.

Dengan dibangunnya gedung kantor bersama, keberadaan perkumpulan yang mengurusi soal pemberdayaan perempuan dan anak bisa menjadi satu dan tidak terpencar ke beberapa lokasi. Harapannya, koordinasi yang dilakukan ketika menyelenggarakan acara maupun event lebih cepat.

Menurutnya, dengan kondisi bangunan gedung yang bagus, dan sangat luas maka penggunaannya harus bisa dimaksimalkan dengan baik. Dalam hal ini, pelayanan yang bersifat publik, terutama yang terkait soal anak-anak dan perempuan bisa dilayani di tempat tersebut. Dengan demikian, masyarakat yang membutuhkan pelayanan tak perlu pergi ke beberapa lokasi, namun hanya di satu tempat yakni kantor bersama.

“Saat ini sejumlah ruangan masih kosong sehingga masih perlu mebeler atau barang-barang lainnya untuk menunjang semua kegiatan di tempat itu. Sambil jalan, beberapa barang akan segera di datangkan sehingga sampai nanti peresmian gedung semuanya bisa terpenuhi, ” ujar Bupati.

Selanjutnya dijelaskan, pembangunan gedung tersebut dimulai sejak tahun 2018 dan selesai tahun ini. Adapun biaya atau anggaran untuk pembangunan tersebut lebih kurang Rp 5,8 M.

”Sekali lagi saya berharap tempat ini bisa dijadikan ruang publik Kabupaten Pekalongan sehingga harus dapat dimaksimalkan keberadaan maupun fungsinya,” kata dia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here