Pemerintah Kabupaten Pekalongan bersama para ibu berkomitmen bersama guna mendukung program skala prioritas pemerintah dalam memberantas stunting. Hal itu diungkapka Bupati Pekalongan Asip Kholbihi bertepatan dengan momentum Upacara Peringatan Hari Ibu Ke – 91, Hari Ikan Nasional Ke – 6 dan Hari Nusantara Tahun 2019 Tingkat Kabupaten Pekalongan, Senin (23/12/19).

Bupati menjelaskan, pemberantasan stunting menjadi tema yang penting karena mengingat angka stunting di Kabupaten Pekalongan masih cukup tinggi yakni 27 persen. “angka tersebut masih cukup tinggi, untuk itu perlu peran aktif dari berbagai elemen terutama ibu-ibu agar permasalahan tersebut dapat segera terselesaikan,” katanya.

Selain memberantas stunting, lanjut bupati, pada momentum hari ibu ini, dirinya juga mengajak untuk turut pula menurunkan angka kematian ibu melahirkan dan angka kematian balita. “kita juga selalu mensosialisasikan ini disetiap momen kepada masyarakat, agar angka kematian ibu dan balita menjadi berkurang.,” jelasnya.

Bupati juga mengajak kepada para orang tua agar menyekolahkan anaknya sampai 12 tahun pada tahun 2020. “program ini kita launching kali ini, sehingga diharapkan nanti dari sektor pendidikan, kesehatan bagus serta income mayarakat naik,” harap Asip.

Sementara itu, Wakil Bupati Pekalongan Arini Harimurti pada momen hari ibu, mengajak para ibu untuk tidak pernah mendampingi putra-putrinya dan menjaganya agar tidak terjebak pada hal-hal yang dapat merusak masa depannya. “dampingi anak-anak kita, berikan pendidikan yang baik dan hindarkan dari narkoba dan paham radikal,” ujarnya..

Terkait dengan kesehatan para ibu, Arini juga mengajak untuk memperhatikan ibu hamil dan anak-anak disekitar, agar kasus-kasus kematian Ibu dan stunting dapat diatasi. “adanya hari ibu juga mengingatkan kita untuk memperhatikan kesehatan ibu hamil, kesehatan balita, sehingga kasus stunting di Kabupaten Pekalongan tidak ada lagi,” pintanya.

Hadir dalam upacara tersebut, Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi, Wakil Bupati Pekalongan Arini Harimurti, Dandim 0710/Pekalongan, Letkol Inf. Arfan Johan Wihananto, Sekda Kab. Pekalongan, Mukaromah Syakoer, Ketua DPRD Kab. pekalongan, Hindun, Kapolres Pekalongan, AKBP. Aris Tri Yunarko, Kepala Pengadilan Negeri Pekalongan, Sutaji dan Kepala Pengadilan Agama Kabupaten Pekalongan, Suwoto, para Forkompimda dan puluhan ribu ibu-ibu se Kabupaten Pekalongan.

Seusai upacara, dilanjutkan dengan penerimaan simbolis bantuan uang dan benih Ikan, deklarasi pencegahan perkawinan dini oleh Camat Se Kabupaten Pekalongan dan Tampilan Flash Mob Senam Pencegahan Stunting.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here