Pemerintah Kabupaten Pekalongan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika bersama FK Metra (Forum Komunikasi Media Tradisional) menggelar kegiatan Penyebarluasan Informasi Pembangunan Daerah bertajuk Grumungan Akhir Tahun.

Acara yang digelar pada hari Kamis (19/12/2019) dan bertempat di Area Foodcourt ini menghadirkan narasumber dari Kepala Dinkominfo, kepala DPU & Taru Ir. Bambang Irianto.,M.Si., Sekretaris Dindukcapil Catur Elmiyati, SP.,M.Pop Hr, dokter internsip Puskesmas Kedungwuni 1 dr. Isfi Sabila, diisi dengan penampilan Kesenian Sintren Windu Budoyo Kecamatan Doro dan Angklung Rampak Langen Budoyo Kecamatan Kesesi.

Kepala Dinas Komunikassi dan Informatika Kabupaten Pekalongan Anis Rosidi mengatakan, bahwa grumungan akhir tahun ini merupakan konsekuensi dan implemenatasi dari pelaksaan tata kelola pemerintah berbasis keterbukaan infromasi publik. “meski dengan era teknologi informasi seperti saat ini informasi dapat dengan mudah diterima oleh masyarakat, namun peran media tradisional masih kita anggap penting untuk mengambil peran dalam diseminasi informasi,” katanya.

Ada beberapa hal, kata Anis, yang menjadikan media tradisional masih relevan, diantarnya, meski saat ini era digitalisasi, namun beberapa kalangan masyarakat belum tersentuh IT, selain itu pesan yang disampaikan melalui kearifan lokal masih mengena di masyarakat. “dengan pendekatan seni dan budaya penyampaian informasi lebih mengena, dan juga kita dapat menyerap aspirasi dari masyarakat dengan adanya dialog interaktif, sehingga disini tidak ada sekat atau batas antara pemerintah dengan warganya,” terangnya.

Melalui FK Metra ini, jelasnya, disamping menyampaikan informasi juga ikut melestarikan seni tradisonal yang ada di Kabupaten Pekalongan. “ini baru awal, nantinya kita rencanakan akan keliling setiap kecamatan, tentunya dengan tema-tema lain yang relevan pada saat itu,” jelas Anis.

Sementara itu, Wakil Ketua FK Metra Kabupaten Pekalongan Nyuwito Bagus Pramudiyo menuturkan, grumungan akhir tahun ini juga digunakan oleh FK Metra untuk mengevaluasi program kerja sebelumnya dan sebagai dasar untuk program di tahun selanjutnya. “jika ada program yang masih kurang akan kita perbaiki lagi. Harapan kita, makin banyak dinas-dinas yang bekerjasama dengan kami untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat,” terangnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here