Dalam rangka memperingati hari lahir ke 40, para siswa SMKN 1 Kedungwuni khususnya jurusan Instalasi Tenaga Listrik mengelar Expo Inovasi yang bertajuk Microcontroler and electric expo yang diadakan di sekolah setempat, Rabu (18/12/2019).

Dalam kegiatan tersebut dipamerkan berbagai produk yang dibuat oleh siswa berupa otomatisasi di rumah, seperti membuka pintu rumah, pintu gerbang dan sensor yang bisa digunakan dirumah dan lainnya.

Salah satu guru Listrik Syafrudi mengatakan, total ada 36 karya siswa dengan model dan keunikan yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. “ini merupakan karya siswa perkelompok, yang terdiri dari kelas X hingga kelas XII Jurusan Instalasi listrik,” katanya.

Adapun tujuan digelarnya expo ini adalah, untuk menamplkan ke masyarakat berbagai peralatan yang bermanfaat dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. “ini adalah semacam prorotype saja, namun jika masyarakat ada yang menginginkan, kami siap untuk membuatkan yang aslinya,” tutur Syafrudi.

Kepala SMKN 1 Kedungwuni Tuti Evawati mengaku terkejut melihat berbagai produk yang ditampilkan oleh siswa-siswi pada rangkaian peringatan hari Ulang tahun yang ke 40, menurutnya para siswa kreatif dan inovatif dan dengan ini bisa menjadi modal awal agar bisa dikembangkan lebih lanjut. “para siswa setelah lulus ada yang bekerja di perusahaan dan ada juga yang berwirausaha, sehingga ini bisa menjadi dasar untuk mereka mengembangkan potensinya masing-masing,” ujarnya.

Dirinya berharap, rangkaian kegiatan ini, SMKN 1 Kedungwuni dapat lebih maju lagi, sesuai dengan visi sekolah yakni kompeten kompetitif dan berakhlaqul karimah. “selain Microcontroler and electric expo, rangkaian harlah juga ada bazar inovatif dan kreatif, bazar makanan dan puncaknya akan digelar jalan sehat,” paparnya.

Sementara itu peserta Microcontroler and electric expo, Putri Aurel, mengatakan dirinya bersama ke tiga temannya membuat auto watering sistem atau sistem penyiram kebun otomatis yang menggunakan sensor kelembapan yang ada ditanah. “kita mengerjakan proyek ini lebih dari dua bulan. Alat ini bisa digunakan untuk menyiram kebun secara otomatis sehingga tanaman mendapat asupan air sesuai kebutuhan,” terangnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here