Berdasarkan catatan Pemkab Pekalongan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), kejadian angin kencang atau puting beliung disertai hujan deras kemarin merusakkan 25 pemukiman warga.

Jumlah tersebut terdiri atas 15 rumah rusak di Kecamatan Kajen dan 10 rumah di Kecamatan Kesesi. Adanya hal tersebut, Wakil Bupati Pekalongan Arini Harimurti langsung terjun ke lokasi untuk memastikan kondisi lapangan.

Tidak hanya itu, dia yang datang bersama BPBD dan PMI juga memberikan bantuan logistik kepada para korban. Untuk rumah dalam kondisi rusak berat juga diberikan bantuan material atap.

“yang pertama, saya ikut prihatin atas musibah ini. Ada dua kecamatan yang terdampak dari musibah puting beliung pada Rabu (11/12) kemarin, yakni 10 rumah di Kecamatan Kesesi dan 15 Rumah di Kecamatan Kajen. Itu belum termasuk dari tanaman yang rusak akibat terjangan angin tersebut,” kata Wakil Bupati Pekalongan saat meninjau korban puting beliung di Desa Watupayung Kecamatan Kesesi, Kamis (12/12/2019) .

“kedayangan kami kesini untuk memberikan suppurt kepada para korban, sekaligus memberikan bantuan logistik maupun bahan-bahan untuk perbaikan rumah, yang nantinya kami minta dikerjakan secara gotong royong oleh warga setempat,” tuturnya.

Arini menambahkan, dengan datanganya musim penghujan, dirinya meminta kepada masyarakat untuk selalu berhati-hati terutama adanya angin puting beliung. “banyak berdoa, karena musibah ini baru kita ketahui dari gejalanya, intinya kami Pemkab Pekalongan beserta mitra kami seperti PMI selalu siap siaga dalam menghadapi bencana,” terangnya.

Wabup meminta masyarakat untuk aktif melaporkan setiap kejadian, agar permasalahan dapat segera terselesaikan. “dengan aktif melapor maka penanganya akan lebih cepat, seperti sebelumnya listrik disini padam, sehingga kami minta kepada PLN agar segera memperbaiki agar pelayanan terhadap warga tidak terganggu,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here