Bupati Kubu Raya Provinsi Kalimantan Barat Muda Mahendrawan mengaku sangat tertarik dengan batik buatan Kabupaten Pekalongan yang menjadi salah sumber perekonomian cukup besar di masyarakat. Apalagi dengan melihat kebutuhan dan program di pemerintahannya, pihaknya berencana melakukan penjajakan kerjasama di bidang industri tersebut.

“Di tempat kami ada program pemberdayaan perempuan untuk peningkatan ekonomi dengan kegiatan menjahit. Khususnya menjahit baju seragam batik untuk anak sekolah SD, SMP dan SMA se kabupaten Kubu Raya. Kerjasama ini sangat dibutuhkan dalam mendukung realisasi program itu,” ucapnya.

Dirinya berharap, penjajagan pembuatan batik untuk baju seragam batik anak sekolah ini bisa terealisasi. “Dengan langsung bekerjasama dengan tangan pertama atau pembuat batik langsung diharapkan, hasilnya lebih bagus dan bersaing,” katanya dalam acara Kunjungan Kerja Pemkab Pekalongan ke Kabupaten Kubu Raya.

Wakil Bupati Pekalongan Arini Harimurti mengungkapkan, dirinya sangat membuka lebar berbagai kerjasama untuk mendongkrak perekonomian di Kota Santri. Rencananya jajakan kerjasama dengan Pemkab Kubu Raya ini, akan segera ditindaklanjuti tim teknis agar bisa terealisasi.

“Kami akan memfasilitasi produk-produk UMKM agar bisa terpasarkan di berbagai daerah. Kesempatan menarik ini harus bisa ditangkap demi kesejahteraan masyarakat,” ucapnya.

Selain membahas jajakan kerjasama industri batik, pada kesempatan Kunjungan Kerja kali ini, Pemkab Pekalongan juga menimba ilmu keberhasilan Kabupaten Kubu Raya dalam meningkatkan investasi di daerah. Strategi apa saja yang dilakukannya agar bisa diterapkan di Kabupaten Pekalongan dalam rangka peningkatan investasi.

Turut serta dalam Kunjungan Kerja kesempatan ini adalah Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan Hindun didampingi dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTPSP) dan Naker, Dinas Perindagkop dan UMKM serta Badan Pengelolaan Keuangan Daerah, dengan disambut langsung oleh Bupati Kubu Raya dan wakilnya, serta Ketua DPRD dan Sekda Kubu Raya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here