Bupati Pekalongan KH. Asip Kholbihi, S.H, M.Si menghadiri dan memberikan sambutan pada acara Pengajian Akbar dalam rangka Peringatan Haul Almaghfurlah KH. Amir Idris ke-82 di Kelurahan Simbang Kulon Gang 3 Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan, Sabtu (7/12 /2019) malam.

Pengajian menghadirkan Ketua Umum PBNU Prof. DR. KH. Said Aqil Siradj, MA dan DR. Sabilal Rosyad, M.Si sebagai penceramah. Dihadiri jajaran Pengurus PCNU Kabupaten Pekalongan, antara lain Rois Syuriah KH. Muhammadun Jundi, Ketua Tanfidz PCNU KH. Muslih Khudori, M.Si., Ketua GP Ansor Kabupaten Pekalongan beserta kyai lainnya.

Bupati dalam sambutannya mengajak seluruh hadirin untuk terus-menerus mensuritauladani apa yang sudah ditorehkan oleh Romo KH. Amir Idris. “Melalui Haul Mbah KH. Amir Idris ini, mari kita sebagai santri khususnya yang ada di Pekalongan untuk terus-menerus mensuritauladani apa yang sudah ditorehkan oleh Romo KH. Amir Idris,” ajak Bupati.

Dijelaskan Bupati, pihaknya mendengar bahwasannya murid-murid Almaghfurlah KH. Amir Idris semua menjadi kyai, antara lain Kyai Mahsum Lasem, kemudian Kyai Mahrus Ali Lirboyo dan masih banyak lagi.

“Sudah banyak sejarah beredar tentang KH. Amir Idris. Untuk itu sebagai warga Pekalongan kita sangat bangga. Mudah-mudahan tidak hanya membanggakan saja, tetapi kita semua bisa meneruskan perjuangan beliau terutama dalam kerangka membimbing masyarakat Kabupaten Pekalongan untuk mencapai cita-cita yang diharapkan yaitu masyarakat yang baik, sejahtera lahir dan bathin, masyarakat yang memiliki jatidiri sekaligus mengembangkan nilai-nilai lokal, menjunjung tinggi nilai-nilai kearifan lokal,” ujar Bupati KH. Asip Kholbihi.

“Ini juga selaras dengan visi misi kami sebagai Bupati adalah bersama-sama mewujudkan masyarakat Kabupaten Pekalongan yang religius yaitu seperti tadi yakni kalau tidak jadi santri ya jadi kyai. Alhamdulillah kebanyakan masyarakat Kabupaten Pekalongan yang tidak jadi kyai banyak, jadinya ya jadi santri meskipun santri “mbeling”,” imbuhnya. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here