Prosesi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pekalongan Tahun 2020, mulai dilaksanakan pentahapannya. Pada tahapan awal adalah dilaksanakan memperkenalkan  maskot serta jingle Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pekalongan Tahun 2020.

Pada kesempatan ini diperkenalkan maskot Pilkada berupa Burung Kutilang Emas (Pycnonotus Melanicterus)Burung Kutilang emas merupakan satwa endemik identitas KabupatenPekalongan yang sudah sangat langka dan keberadaannya sangat dilindungi serta salah satu satwa yang terancam punah di Pulau Jawa. Burung Kutilang emas merupakan salah satu potensi kebanggan masyarakat Kabupaten Pekalongan.

Pemilihan burung kutilang emas sebagai maskot Pilkada Kabupaten Pekalongan Tahun 2020 diharapkan dapat memberikan pelajaran kepada masyarakat Pekalongan akan pentingnya pelestarian fauna asli Kabupaten Pekalongan. Burung kutilang emas symbol kebebasan, artinya masyarakat dipersilahkan bebas memilih sesuai pilihan nya tanpa adanya unsur paksaan dan tekanan dalam Pilkada nanti.

Si Markolang (Mari Coblos untuk Pekalongan) Si Markolang merupakan akronim dari Mari Coblos untuk Pekalongan. Karena kami percayamasyarakat Kabupaten Pekalongan pintar dalam berdemokrasi serta cerdas dalam menggunakan hak pilihnya.

“ Ini adalah bagian dari sosialisasi kesiapan kita untuk kita informasikan kepada masyarakat tentang akan adanya perhelatan Pemilihan Pimpinan Kabupaten Pekalongan” ungkap Ketua KPU Kabupaten Pekalongan Abi Rizal baru baru ini (8/12) di bolevard Alun Alun Kajen.

Kita akan melaksanakan Pilkada pada hari rabu tanggal 23 September 2020, dengan tema Pekalongan Nyoblos dengan Riang Gembira. Dengan tujuan agar nanti pelaksanaan Pilkada berjalan aman, damai dan lancar serta pelaksanaanya dapat menyenangkan semua pihak dengan tidak timbul masalah kelak dikemudian hari.

Sementara itu KPU Republik Indonesia Ilham Saputra menyampaikan bahwa Pilkada Kabupaten Pekalongan merupakan salah satu bagian dari 270 Kabupaten/kota 9 Propinsi yang pada tahun 2020 melaksanakan Pilkada serentak. Even yang digelar telah dipayungi undang undang sehingga kami mohonkan agar KPU dalam pelaksanaannya dapat didukung semua pihak.

Untuk Kabupaten Pekalongan jika melihat kondisi geografis secara tehnis nanti pada saat pembagian logistic untuk daerah atas dapat diutamakan terlebih dahulu. “ Dan Saya yakin Kabupaten Pekalongan dapat menyelenggarakan PIlkada dengan baik”tandasnya,

Sementara itu Bupati Pekalongan Asip Kholbihi menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada KPU, posisinya yang penting pada proses Demokrasi di kabupaten pekalongan.Oleh karenanya Pemerintah mendukung penuh KPU agar seluruh pagelaran politik dapat berjalan sukses.

Pemerinah melaksakan fungsinya dukungan tersebut adalah dengan memberikan bantuan fasilitasi yang sudah dilakukan dan berjalan dinamis serta Pengawalan diitingkat regulasi, ada desk pilkada yang terus melakukan kajian untuk menyelesaikan berbagai persoalan.

Selanjutnya Pemerintah juga berkewajiban untuk menumbuhkan kesadaran kolektif masyarakat. agar secara sadar dalam melaksanakan haknya untuk memilih pemimpin. Kita sebagai regulator dan fasilitator akan melaksanakan sebaik saiknya, “hari ini kita tidak boleh lagi melanggar aturan main. Kita sudah membaca dan harus konsuken melaksanakan aturan yang ada bagi para pelaku dan pelaksana kegiatan Pilkada”terangnya.

Bupati mengajak semua pihak untuk bergandeng tangan bersama sesuai dengan tugas pokok fungsi masing- masing untuk mendukug Pilkada berjalan berjalan dengan baik dan riang gembira. “ Dan semoga dengan pelaksanan Pilkada nanti diawali dengan niat yang baik, Proses pelaksanaan yang baik akan menghasilkan pemimpin yang baik pula dengan berbagai kebaikan pada kepimpinannya” tandas BUpati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here