Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu Kabupaten Pekalongan mengajak pegiat media sosial yang ada di Kota Santri untuk ikut mengawasi jalannya Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada 2020.

“pengawasan melalui media sosial ini sangat efektif pada saat ini, karena kini masanya media sosial mempunyai peran yang besar dalam memberikan informasi kepada khalayak ramai,” kata Ketua Bawaslu Kabupaten Pekalongan Ahmad Dzul Fahmi pada kegiatan Media Mengawasi “Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Kepada Pegiat Media Sosial di Kabupaten Pekalongan” bersama para pegiat media sosial di Gedung Pemuda Kabupaten Pekalongan, Rabu (4/12/2019).

Dijelaskan Fahmi, para pelaku media sosial bisa menjadi mitra dari Bawaslu dengan menyampaikan pengawasan melalu media sosial yang mereka miliki, baik perihal tahapan pemilihan bupati, jenis pelanggaran dan apa saja yang harus dilakukan, bisa disampaikan ke teman-teman media. “dengan media sosial ini kita bentuk jejaring pengawasan, sehingga diharapkan siapapun nantinya bisa ikut mengawasi jalannya pemilu,” tuturnya.

Dirinya berharap, para pelaku media sosial juga bisa memfilter saat mengupload sebuah konten agar tidak tersandung hukum, karena pada saat pemilihan rawan akan berita bohong atau hoak yang bisa merugikan pelaku medsos. “untuk itu kita juga berikan materi tentang UU ITE agar mereka bisa tahu mana saja yang boleh dilakukan dan mana yang tidak,” ujarnya.

Sementara itu, Divisi Pengawasan dan hubungan antar lembaga Bawaslu Kabupaten Pekalongan, Ulil Albab menjelaskan, adanya kegiatan ini diharapkan pegiat medsos bisa berbuat bijak dalam mengelola akunya. “kita harus cros cek terlebih dahulu setiap berita yang masuk sebelum di share ke media sosial, apakah berita tersebut benar atau hoax,” ujarnya.

Dirinya menghimbau, apabila menjumpai informasi di medsos yang keliru maka pegiat medsos bisa ikut meluruskan berita tersebut dan memberikan masukan dengan berita yang benar. “informasi laporan apapun yang masuk ke kami semuanya pasti akan kami tindak lanjuti. Semoga Pilkada 2020 nanti akan berjalan dengan baik, aman, lancar dan kondusif dengan bantuan dari teman-teman semua,” harapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here