Telaga Mangunan yang beberapa waktu yang lalu kering kini sudah terisi air kembali. Rencananya telaga yang terletak di Dusun Mangunan Desa Tlogohendro Kecamatan Petungkriyono tersebut akan kembali dibuka sebagai destinasi wisata alam.

“saya kesini untuk melihat secara langsung perkembangan revitalisasi Telaga Mangunan, dengan sasaran tetap, telaga ini sebagai daerah tangkapan air,” kata Bupati Pekalongan Asip Kholbihi saat meninjau langsung Telaga Mangunan, Minggu (17/8/2019) di dampingi Kepala Dinas PU Kabupaten Pekalongan Wahyu Kuncoro, Camat Petungkriyono Farid Hakim beserta masyarakat sekitar.

Bupati menjelaskan, sumberi air Telaga Mangunan masih terjaga dengan baik, masyarakat sekitar hanya melakukan penataan disisi kanan dan kiri untuk penataan wisata. “pembangunan itu untuk keperluan estetika atau keindahan agar lebih menarik,” tuturnya.

Asip menjelaskan, masyarakat tidak perlu takut akan lingkungan di Telaga Mangunan, karena masyarakat di sekitar juga mempunyai komitmen untuk menjaga lingkungan. “masyarakat disisi tetap berkeinginan agar telaga tetap terjaga kelestariannya, namun pemanfaatanya biar lebih bervariasi lagi,” jelasnya.

Telaga Mangunan sendiri, kata Bupati, sebagai sumber air di Desa Tlogohendro untuk mencukupi berbagai kebutuhan masyarakat. Dan sekarang kondisinya sudah terisi kembali setelah beberapa waktu mengering. “InsyaAllah Bulan Januari akan di buka kembali, setelah beberapa waktu yang lalu dilakukan penataan untuk wisata, kehadiran Telaga Mangunan ini untuk menunjang wisata alam yang ada di Kecamatan Petungkriyono,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here