Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pekalongan membuka pendaftaran bagi calon Independent atau perseorangan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 sebagai calon Bupati Pekalongan.

Adapun persyaratanya, calon tersebut didukung minimal 54.435 penduduk yang termasuk dalam pemilih dan tersebar di 10 Kecamatan di Kabupaten Pekalongan.

“kita membuka peluang bagi calon perseorangan yang memenuhi persyaratan diantaranya didukung lebih dari 54.435 warga yang masuk dalam pemilih yang dibuktikan dengan tandatangan dukungan dan fotokopi KTP,” Kata Komisioner KPU Kabupaten Pekalongan Ahsin Hana, Kamis (14/11/2019).

Adapun untuk pendaftarannya, jelas Ahsin, akan dimulai pada pertengahan Desember hingga Bulan Maret Mendatang. “saat ini kami masih dalam tahap sosialisasi, dan nanti pengumuman resmi akan kami sampaikan pada tanggal 25 November dan penetapan syarat tersebut sudah ditetapkan pada 26 Oktober yang lalu,” ujarnya.

Ahsin menambahkan, penentuan syarat minimal dukungan yakni 7,5 persen dari jumlah Daftar Pemilih Tetap pemilu sebelumnya yakni 725.790 pemilih. “jumlah pemilih di Kabupaten Pekalongan diatas 500 ribu dan dibawah satu juta, sehingga sesuai PKPU disyaratkan dukungan bagi calon perseorangan sebanyak 7,5 persen dari jumlah DPT sebelumnya,” paparnya.

Dirinya mengajak, kepada segenap warga Kabupaten Pekalongan yang memenuhi syarat untuk bisa mendaftar sebagai calon perseorangan pada Pilkada 2020. “bagi yang memenuhi persyaratan kita harapkan dapat mendaftar untuk berkontestasi sebagai Bakal Calon Bupati Kabupaten Pekalongan,” ajaknya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here