Guna melihat langsung jalannya Pemilihan Kepala Desa atau Pilkades serentak 2019, Bupati Pekalongan bersama forkompimda melakukan monitoring atau kunjungan ke sejumlah Tempat Pemungutan Suara atau TPS.

Dalam kunjungannya, rombongan pertama kali mengunjungi Desa Pododadi Kecamatan Karanganyar, diteruskan ke Desa Bligorejo Kecamatan Doro, Desa Pagumennganmas Kecamatan Karangdadap, Desa Tangkil Kulon Kecamatan Kedungwuni dan terakhir ke desa wuled Kecamatan Tirto.

“ secara umum dari kunjungan ke berbagai TPS di desa-desa dari berapa kecamatan menunjukkan partisipasi masyarakat bagus, dan pilihan langsung masih menjadi model utama dari representasi pemilihan pemimpin di desa,” kata Bupati Pekalongan Asip Kholbihi, Rabu (13/11/2019).

Selain itu, kata Bupati, dari aspek keamanan dan ketertiban berjalan kondusif dan tidak ditemukan warga negara yang tersumbat semuanya tersalurkan suaranya dengan baik. “para penyandang disabilitas dan para orang tua yang telah lanjut usia juga datang ke TPS untuk menyalurkan hak suaranya,” terangnya.

Untuk, penyelenggara sendiri, baik dari P2KD dan BPD, tambah Asip, telah menjalankan amanat konsitusi dengan baik, “mereka memahami betul  aturan main dan ini menjadi jaminan lancarnya Pilkades serentak, saya optimis nanti juga hasil akan baik,” ujarnya.

Bupati berharap, siapapun yang terpilih nanti berarti mendapat dukungan dari kepercayaan dari mayoritas masyarakat dan yang tidak terpilih merupakan hal yang biasa saja. “ini proses demokrasi yang harus dijalani, kontestasi hal yang lumrah, saya berharap melalui pilihan langsung ini desa-desa bisa lebih maju lagi,” harapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here