Sebagai salah satu bentuk langkah antisipatif penanganan bencana yang dimungkinkan terjadi, khususnya memasuki musim penghujan, Wakil Bupati Pekalongan Arini Harimurti melakukan pengecekan peralatan milik PMI Kabupaten Pekalongan.

Adapun peralatan yang dicek anatar lain peralatan pertama pada kondisi darurat, sepeda motor trail, mobil ambulan,  mobil armada, dan perlengkapan penanggulangan bencana lainnya.

Arini mengatakan, sebentar lagi kita akan memasuki pergantian musim dari musim kemarau ke musim penghujan, yang biasanya terjadi berbagai bencana seperti banjir dan wabah penyakit. “berkaitan dengan itu kita cek peralatan, sebab bencana kadang datang dengan tiba-tiba, sudah siap atau belumkah kita dari segi penanganannya?,” kata Wakil Bupati Arini Harimurti yang juga selaku Ketua PMI Kabupaten Pekalongan, Kamis (31/10/2019) di Markas PMI.

Dengan dicoba langsung, kata Arini, kita akan tahu peralatan tersebut bisa berfungsi atau tidak. “kita melakukan pengecekan sehingga pada saat diperlukan alat sudah bisa ready, dan tentunya kita juga akan bekerjasama dengan instansi lain diantaranya BPBD dalam menangani bencana” terangnya.

Arini berharap masyarakat dalam musim pancaroba ini melakukan gerakan bersih-bersih lingkungan dan menjaga kondisi tubuh agar selalu sehat. “bersih-berish lingkungan juga merupakan persiapan musim penghujan yakni menghindari penyakit dan mencegah banjir yang diakibatkan tersumbatnya selokan,” pintanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here