Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN), puluhan ribu santri asal kabupaten pekalongan mengikuti upacara peringatan HSN di Stadion Widya Manggala Krida Kedungwuni, Selasa (22/10/2019). Upacara tersebut merupakan puncak acara peringatan Hari Santri Nasional di Kabupaten Pekalongan dengan jumlah peserta lebih dari 29 ribu orang.

Upacara dipimpin langsung oleh Bupati Pekalongan Asip Kholbihi dan dihadiri Ketua DPRD Kabupateb Pekalongan, Kapolres Pekalongan, Perwakilan Kodim 0710 Pekalongan, Asisten Sekda, Kepala OPD, Para Kyai dan santri se Kabupaten Pekalongan.

Bupati Pekalongan Asip Kholbihi saat dikonfirmasi usai upaca menuturkan, Pemkab Pekalongan melalui momentum HSN ini akan terus melakukan kolaborasi, bersinergi dan berkolaborasi dengan pesantren untuk mewujudkan cita-cita bersama. “cita-cita kita yakni menciptakan masyarakat yang adil dan makmur dan sejahtera lahir batin, dan jika diukur dari makro ekonomi, tanda-tanda itu mulai tampak,”katanya.

Selain itu, lanjut Bupati, Pemkab akan selalu melakukan politik afirmatif bagi lembaga pendidikan dan diniyah dari tingkat Paud, TK/RA sampai perguruan tinggi. “kami alokasikan dana hingga puluhan milyar rupiah untuk pemberdayaan lembaga pendidikan tersebut,” ujarnya.

Kebijakan anggaran pemkab, tambah Asip, juga menyentuh pendidikan agama dan para penyelenggara keagamaan di masyarakat. “kita anggarkan juga bagi pendidikan TPQ, Madin, Pondok Pesantren, Masjid bahkan sampai penjaga masjid, dan bagi santri berprestasi pada tahun 2020 juga akan kita beri beasiswa dengan syarat santri mukim, punya prestasi dan belum menikah” paparya.

Bupati juga mengajak kepada para santri yang masih belajar, agar selalu tekun dan menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya serta taat kepada orang tua dan guru. “karena itu sejatinya kunci sukses kehidupan, jangan lupa bahwa Wakil Presiden kita dari kalangan santri, Wakil Gubernur juga dan Bupati yang berdiri disini juga lama mondok di pesantren,” ungkapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here