Pemilihan kepala desa atau pilkades 2019 di kabupaten pekalongan akan segera dimulai. Pemerintah Kabupaten Pekalongan melalui Forkompimda gencar lakukan sosialisasi Pilkades yang bermartabat dan non transaksional.

“Kapolres tadi memberikan penekanan pada keamanan dan ketentraman pada pra, pelaksanaan dan pasca Pilkades, sedangkan kita menekankan komitmen untuk tidak melakukan jual beli suara pada pilkades,untuk instrumen pengawasannya akan kita siapkan” kata Bupati Pekalongan Asip Kholbihi pada kegiatan pengarahan Bupati Pekalongan bersama unsur Forkompimda kepada Calon Kepala Desa Se Kabupaten Pekalongan di Kecamatan Kajen, Senin (21/10/2019).

Asip menambahkan, beberapa penekanan tersebut merupakan ikhtiyar dalam rangka mewujudkan tatanan Pilkades yang bermartabat dan non transaksional. “karena itu menjadi komitmen Pemkab Pekalongan dalam rangka menyambut Pilkades 2019 yang akan dilaksanakan di 210 desa,” ujarnya.

Dan pengarahan ini, kata Bupati, merupakan sosialisasi tentang bagaimana upaya menciptakan Pilkades berjalan dengan baik. “pada kesempataan pertama telah kita mulai di Kecamatan Tirto dan Buaran dan yang kedua ini dilaksanakan di Kecamatan Kajen yang diikuti dari Kecamatan Kandangserang dan Paninggaran,” katanya.

Sementara itu, Kapolres Pekalongan AKBP Aris Tri Yunarko menuturkan, pihaknya akan melaksanakan pengamana sesuai dengan tahapan yakni dari masa kampanye, masa tenang hingga sampai pada saat pencoblosan. “kami sudah siapkan personil terkait kegiatan tersebut, untuk TPS kita kategorikan menjadi dua yakni TPS aman dan rawan, untuk TPS aman akan kita siapkan 2 personil dan TPS rawan akan kita siapkan 10 personil,” ujarnya.

Selain itu, Kata Kapolres, akan ada peleton siaga dimasing-masing rayon dan di Polres dan juga akan meminta bantuan dari eks wil pekalongan yakni dari Batang, Pemalang dan Pekalongan Kota. “untuk TPS rawan akan kita petakan akhir Oktober, jika ada money politik bisa sampaikan ke Bhabinkamtibmas atau ke Polsek terdekat,” tegasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here