Terkait meninggalnya pasien BPJS, bernama Badriyah (57) Dukuh Sontel Desa Legok Kalong, Kecamatan Karanganyar, pihak RSUD Kajen memberikan klarifikasi kepada sejumlah awak media, Selasa (8/9/2019) di rumah sakit setempat dan mengatakan telah melakukan tindakan sesuai prosedur.

Direktur RSUD Kajen Amrozi Taufik mengatakan, korban tidak dirawat inap karena kondisi tubuh normal dan tidak dalam kondisi gawat darurat. Awalnya Badriyah datang pada Jumat (4/10) jam 13.00 wib dengan keluhan nyeri seluruh badan dan perut. Kemudian pasien datang ditangani oleh dokter petugas di IGD dan pada saat diperiksa pasien masih normal atau sadar penuh dengan suhu 37 derajat celcius dan sudah dilakukan pemeriksaan.

“Dari pemeriksaan fisik terdapat nyeri tekan uluh hati dan yan lain dalam batas normal kemudian pasien dilakukan pemeriksaan darah. Pasien ini memiliki riwayat kencing manis kemudian pasien diberikan suntikan multivlamin, ” katanya.

Karena Sesuai dengan Peraturan Presiden No 11 tahun 2013 pasal 25 B menyatakan bahwa pelayanan yang tak dijamin adalah pelayanan yang dilakukan tidak dijamin kecuali dalam keadaan darurat, oleh karena itu apabila pasien tidak dalam keadaan gawat darurat maka biaya tidak dijamin oleh BPJS kesehatan.

Amrozi menjelaskan karena tidak ada Indikasi untuk rawat inap, oleh dokter jaga dipersilahkan pulang setelah mendapatkan pengobatan sesuai indikasinya.

“Kemudian, pasien datang lagi pada hari Sabtu dini hari, (5/10/2019) sekitar pukul 01.30 WIB, sudah dalam keadaan meninggal dunia.” Ujarnya.

Menurutnya, RSUD Kajen sudah bekerja sesuai dengan standar prosedur operasional, yakni mengutamakan pasien yang gawat darurat yang bisa dikarantina karena keterbatasan tempat. “jika bukan dalam kondisi gawat darurat kami tidak bisa melakukan karantina, karena keterbatasan ruangan, jika kami terima dan nanti dibelakangnya ada pasien gawat darurat malah kami tidak bisa menangani secara maksimal,”.

“Kami tidak menolak, teman-teman disini utamanya di UGD sudah menjalankan tugasnya sesuai proseur yang ada,” paparnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here