Empat pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pekalongan definitif periode 2019 – 2024 resmi dilantik. Pelantikan berlangsung khidmat di ruang Paripurna DPRD Kabupaten Pekalongan, Kamis (26/9/2019).

Berdasarkan surat Gubernur Jawa Tengah, Ketua DPRD dijabat Drs H Hindun, MH dari PKB. Sedangkan jabatan wakil ketua dijabat H. Riswadi dari PDIP, Mas’udah dari PPP dan Nunung Sugiantoro dari Gerinda. Selain itu juga ada pelantikan tiga anggota susulan yang sebelumnya cuti menunaikan ibadah haji yakni Saeful Bahri, Masbukhin dan Saeful Arif.

Bupati Pekalongan Asip Kholbihi, yang hadir dalam kegiatan tersebut mengucapkan selamat kepada Pimpinan DPRD Kabupaten Pekalongan yang baru saja dilantik. “Dengan adanya unsur pimpinan definitif sebagai penghubung aspirasi dari masyarakat dengan kepala daerah,” katanya.

Menurutnya agenda jangka pendek dari pimpinan dan anggota dewan terpilih yakni membahas RAPBD 2020. “APBD menyumbang pertumbuhan ekonomi 20 hingga 30 persen, dengan alokasi belanja modal kita naik dari 200 milyar menjadi 560 milyar ditahun depan, dengan adanya pelantikan ini bisa mempercepat penyelesaian dokumenya,” jelas Asip.

Dikatakan Bupati, target pertumbuhan ekonomi, indeks pembangunan manusia (IPM) harus naik dan angka kemiskinan harus turun. “angka kemiskinan ditarget bisa singgle digit, pertumbuhan ekonomi bisa nyampai angka 6 tapi dengan catatab skala prioritas yang telah dituangkan di RPJMD yang dibreakdown dalam RKPD dan dielaborasi dalam APBD bisa direalisasikan,” ujarnya.

Bupati berharap, pimpinan yang baru dilantik lebih dinamis yang dapat membawa perubahan sesuai dengan harapan masyarakat. “DPRD adalah rumah rakyat, yang menjadi jembatan kepentingan program-program pembangunan yang nanti akan dijalankan oleh eksekutif,” harapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here