Pemerintah Kabupaten Pekalongan pada tahun 2020, akan membangun Laboratorium Lingkungan Hidup guna melayani seluruh Jawa Tengah di Instalasi Pengolahan Limbah Tinja (IPLT) Kabupaten Pekalongan yang terletak di Kelurahan Bener Kecamatan Wiradesa.

“diantara fungsinya untuk melayani uji mutu baku air,” kata Bupati Pekalongan Asip Kholbihi, saat meninjau IPLT Kabupaten Pekalongan didampingi Kepala Bappeda dan Litbang Bambang Irianto dan Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim LH) Trinanto Agus Maryono beserta jajaran, Senin (23/9/2019).

“Kemudian di depan IPLT ini akan kita rancang juga BUMD yang bergerak di bidang pengelolaan limbah, mulai hulu hingga hilirisasi limbah akan kita olah disini. Hilirnya bisa berbentuk pavling block dan produk-produk lain,” lanjut Bupati.

Dijelaskan Bupati, kawasan ini merupakan kawasan yang terintegrasi untuk mengatasi hilir dari semua jenis limbah, baik limbah rumah tangga maupun limbah pabrik akan kita kelola disini.

“Inilah wujud dari kepeduliaan Pemerintah membangun Kabupaten Pekalongan yang lebih bermartabat. Karena pemenuhan sarana-sarana publiknya bisa dipertanggungjawabkan. Dan limbah yang menjadi persoalan utama, pelan-pelan sudah bisa kita urai persoalannya dan jalan keluarnya segera kita pikirkan,” imbuh Bupati.

Untuk diketahui, berdirinya IPLT merupakan wujud komitmen yang kuat dari Bupati Pekalongan Asip Kholbihi, untuk menyelesaikan masalah pemukiman kumuh menjadi kawasan sehat dan manusiawi, dimana penataan limbah tinja sebagai salah satu unsurnya.

Bupati Pekalongan Asip Kholbihi, bersama Kepala Bappeda dan Litbang Bambang Irianto dan Kepala Dinas Perkim LH Trinanto Agus Maryono berdiskusi di IPLT, Senin (23/9/2019).

Komitmen tersebut dibuktikan dengan penandatanganan kerjasama antara Bupati Pekalongan KH. Asip Kholbihi, SH.,M.Si dengan Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) terkait dengan bantuan IPLT( Instalasi Pengolahan Limbah Tinja ), di Kota Padang Sumatra Barat, Rabu (14/2/2018) silam. Bantuan IPLT untuk Kabupaten Pekalongan ini senilai Rp 6 miliar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here