1 unit rumah type 36 yang menjadi hadiah utama dalam kegiatan Jalan Sehat “Mlaku-mlaku Bareng Bupati dan Wakil Bupati Pekalongan”, Minggu (22/9/2019) dimenangkan oleh Sudarmanto (36) warga Desa Tegalontar Kecamatan Sragi.

Hadiah tersebut diberikan langsung oleh Bupati Pekalongan Asip Kholbihi, dan Wakil Bupati Arini Harimurti yang juga menyerahkan Hadiah Utama berupa 1 unit rumah type 36 dan umroh.

Bupati menyampaikan bahwa untuk hadiah utama 1 unit rumah type 36 berada di salah satu komplek perumahan di Kecamatan Wonopringgo. “Rumahnya sudah lengkap, sudah bersertipikat, sehingga pemenang tinggal masuk,” katanya.

Diungkapkan bupati alasan kenapa hadiah utamanya sebuah rumah, dikarenakan kebutuhan akan rumah bagi masyarakat Kabupaten Pekalongan masih harus pikirkan secara serius.
“Pemkab memiliki berbagai program afirmasi untuk kebutuhan rumah di Kabupaten Pekalongan, seperti program pembangunan baru (PB) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kita bantu satu rumah Rp 35 juta dan sudah berjalan di 6 Kecamatan, 1 desa 15 orang. Ini bentuknya cluster,” ujar Bupati.
Bantuan rumah itu, kata Bupati, bagi warga miskin yakni para menantu yang ikut mertua, tetapi belum memiliki lahan. Diharapkan tahun depan program dari Kementerian PUPR tersebut masih berlanjut.
“Untuk program dari PUPR ini kami sudah bekerjasama dengan Bank Tabungan Negara (BTN) agar warga masyarakat yang membutuhkan lahan bisa mendapatkan kredit lunak dengan bunga rendah untuk membeli lahan sebesar 100 meter dengan pagu kredit sebesar Rp 40 juta,” katanya.


“Dengan demikian mereka bisa membeli lahan 100 meter dan untuk rumahnya kita carikan dengan program PB dari Kementerian PUPR, tetapi ini harus cluster,” imbuh Bupati.
Selain hadiah rumah, juga diserahkan hadiah lainnya yakni dua hadiah umroh yang salah satunya sumbangan spontan dari bupati Asip yakni didapat M. Bagus Santoso, warga Desa Sidomukti Kecamatan Karanganyar dan Sri sutinah asal Dukuh Blendung Desa Purworejo Kecamatan Sragi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here