Rapat paripurna yang digelar di gedung DPRD Pekalongan, Senin (16/9/2019) malam, menetapkan, empat nama sebagai Pimpinan Dewan (Pinwan) DPRD Kabupaten Pekalongan periode 2019 – 2024.

Adapun Pimpinan definitf terdiri dari satu ketua dan tiga wakil ketua, mereka adalah Hj Hindun dari Fraksi PKB sebagai Ketua DPRD, Riswadi dari Fraksi PDI Perjuangan sebagai Wakil Ketua, Mas’udah dari Fraksi PPP sebagai Wakil Ketua dan terakhir Nunung Sugiantoro dari Fraksi Gerindra sebagai Wakil Ketua.

Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan, Hindun menjelaskan, penetapan calon pimpinan DRPD Kabupaten Pekalongan ini merupakan usulan yang nantinya disampaikan kepada Bupati Pekalongan agar diusulkan ke Gubernur Jawa Tengah untuk bisa disahkan sebagai Pimpinan DPRD Definitif.

“Nanti setelah pimpinan definitif diresmikan, alat kelengkapan dewan juga akan segera ditetapkan. Selanjutnya akan dilakukan pembahasan tentang tata tertib (Tatib) DPRD sebagai acuan kinerja,” katanya.

Salah satu tugas yang harus segera diselesaikan dewan, kata Hindung, yakni pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2020. “Rakyat pun sudah menunggu bagaimana kinerja DPRD Kabupaten Pekalongan masa jabatan 2019-2024 untuk bertugas,” tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kabupaten Pekalongan, Agus Pranoto menambahkan bahwa malam ini setelah rapat paripurna langsung memberikan usulan pimpinan definitif kepada Gubernur Jawa Tengah melalui Bupati Pekalongan. “Untuk prosesnya menurut aturan sebenarnya 14 hari, tergantung dari keputusan Gubernur Jawa Tengah. Adapun rencananya tanggal 26 September 2019 bisa dilantik untuk pimpinan DPRD Kabupaten Pekalongan,” terangnya.

Untuk pelantikan sendiri, direncanakan sebanyak dua kali yaitu pelantikan pimpinan definitif dan anggota DPRD susulan yang sebelumnya mengajukan cuti ibadah haji. “keduanya dilakukan pada hari yang sama tetapi tidak digabungkan,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here