Jajaran Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pekalongan, diminta agar dapat inovatif dalam menggalang dana PMI dari masyarakat.

Demikian disampaikan oleh Ketua PMI Kabupaten Pekalongan yang juga Wakil Bupati Pekalongan Arini Harimurti dalam kegitan Bulan Dana PMI Kabupaten Pekalongan yang diselenggarakan di Aula Lantai 1 Setda, Jumat (20/9).

Menurutnya, di PMI ada dua kegiatan besar yakni donor darah dan kegiatan kepalangmerahan yang ditujukan untuk kemanusiaan seperti kebencanaan dan layanan kesehatan masyarakat.

“Bulan dana untuk membiyai kegiatan kepalangmerahan, sedang donor darah kegiatannya tidak dibiayai oleh bulan dana,” katanya.

Menurut Arini, di seluruh Indonesia kebencanaan dan layanan masyarakat melalui bulan dana, dan penghimpunan bulan dana mempunyai mempunyai ciri khas yakni karcis. “Sebaiknya kita gali kegiatan-kegiatan yang non karcis, sehingga perlu inisiatif dan inovasi kegiatan, seperti mengadakan jalan sehat, kegiatan olahraga, malam bakti dan masih banyak yang inovatif,” tuturnya.

Wakil Bupati Pekalongan Arini Harimurti memberikan sambutan pada kegiatan Bulan Dana PMI Kabupaten Pekalonan di Aula lantai 1 setda, Jumat (20/9/2019).

Sementara itu, Ketua Bulan Dana PMI Kabupaten Pekalongan yang juga Komandan Kodim 0710 Pekalongan Letkol Infanteri Arfan Johan Wihananto mengatakan, tujuan dari kegiatan bulan dana ini diharapkan target perolehan meningkat. “Tahun ini kita targetkan Rp 1,3 miliar tentunya, juga sudah siapkan langkah-langkah di masing-masing bidang yang dimiliki,” jelasnya.

Dandim menambahkan, bulan dana PMI merupakan program rutin tahunan, yang ditujukan agar partisipasi masyarakat untuk beramal lebih meningkatkan. “Selain itu juga meningkatkan keikutsertaan masyarakat dalam bidang sosial kemanusiaan,” tambahnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here