Gelaran Kajen Batik Carnival 2019 menyuguhkan kekayaan batik khas dari Kabupaten Pekalongan yang begitu menawan, mempesona dan kaya warna.

Sebanyak 71 fashion batik dari tingkat SMP, SMK hingga masyakarat umum di tampilkan dari ajang tahunan yang digelar di jalan Mandurorejo atau depan Alun-alun Kajen, Minggu (15/9/2019) siang.

Salah satu peserta Kajen Batik Carnival 2019 beraksi menunjukkan kreasi batiknya

Bupati Pekalongan Asip Kholbihi ditemui usai acara mengatakan, Kajen Batik Carnival merupakan ajang bagi tangan-tangan terampil perajin batik asal Kota Santri. “batik dari Kabupaten Pekalongan mempunyai ke khasan tersendiri, dan batik tersebut mendapat kekuatan baru berkat kekuatan generasi muda yang secara kultur dan tradisi sudah terbiasa dengan batik,” katanya.

Bupati menjelaskan, dari 71 penampilan peserta batik, semuanya indah, kreatif dan pihaknya optimis setelah melihat penampilan peserta, sektor UMKM terutama batik akan menyumbang besar terhadap kesejahteraan masyarakat. “pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Pekalongan saat ini lebih tinggi dari propinsi maupun nasional, salah satunya didongkrak dari batik, sehingga memberikan peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat,” terangnya.

Bupati Pekalongan Asip Kholbihi beserta Istri Munafah berfoto dengan salah satu peserta Kajen Batik Carnival 2019.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian, perdagangan dan UMKM Kabupaten Pekalongan Hurip Budi Riyantini menuturkan, bahwa pelaku batik di Kabupaten Pekalongan berjumlah ribuan, yang tersebar di beberapa kecamatan. “Kecamatan produksi batik diantaranya Kedungwuni, Wiradesa, Wonokerto, Buaran, Wonopringgo dan kecamatan lain, dan bahkan para pelaku batik di Kota Pekalongan banyak pekerjanya dari Kabupaten Pekalongan,” jelasnya.

Dalam Kajen Batik Carnival 2019 keluar sebagai juara pertama untuk kategori SMP yakni SMPN 2 Kajen, juara kedua diraih SMPN 1 Tirto, dan juara ketiga ditraih SMPN 1 Siwalan. Sedang untuk kategori SMA Juara Pertama diraih oleh SMK Muhamadiyah Kesesi, juara kedua diraih SMK Karangdadap dan juara ketiga yakni SMAN 1 Bojong. Untuk kategori umum keluar sebagai pemenang yakni Batik AAC, juara kedua Batik Sohor, dan juara ketiga yakni Batang Pose Carnival. Untuk juara favorit diraih diraih oleh SMPN 1 Karanganyar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here