Membaiknya pertumbuhan ekonomi Kabupaten Pekalongan tak lepas dari sumbangan sector perikanan. sektor ini mampu menyumbang pertumbuhan ekonomi cukup tinggi. Dengan pertumbuhan kita yang sekarang 5,76  persen itu, juga salah satunya ditunjang dari sektor perikanan.

Sebagai contoh di desa Tratebang Kecamatan Wonokerto , jumlah nelayannya,sekitar 200 orang, jumlah kapal 50 an. Penghasilan nelayan Tratebang cukup. Mereka berangkat subuh, jam 1 pulang sudah mendapat penghasilan dari menangkap teri, unus 600ribu rupiah, dengan kapital atau modal 200 ribu rupiah. “ Untung perhari sekitar kurang lebih 400 -500 ribu rupiah” terang Bupati Pekalongan Asip KHolbihi, SH MSi saat syukuran sedekah laut/ larung.

Bupati Pekalongan Asip Kholbihi, saat syukuran sedekah laut/ larung bersama nelayan Desa Tratebang Kecamatan Wonokerto.

Makna larung ini kita menjaga tradisi kearifan lokal sambil berdoa kepada Alloh agar rejeki para nelayan ini tambah barokah, tambah bermanfaat, dan tetap menjaga kelestarian laut dengan tradisi yang sudah turun temurun.

Perikanan Jika dikelola dengan baik, akan menjadi kekuatan ekonomi yang bersumber dari sektor kelautan. Pemkab melalui dinas terkait yakni dinas kelautan dan perikanan memberikan penyuluhan tiap 3 bulan sekali, berkaitan dengan keselamatan, cara menangkap ikan dan pemanfaatan potensi yang ada di perairan Pekalongan.

Oleh karena itu, Saya meyakini, berdasarkan data yang kita peroleh maka nanti jika tanggul sudah jadi, Tratebang insyaalloh sudah bebas dari rob. Tinggal kita menata infrastruktur perikanan. “Rencana kita buat tempat dokking kapal, sukur sukur buat pelabuhan lagi di Tratebang sehingga kehidupan perekonomian dari sektor perikanan di kab. pekalongan semakin baik”terangnnya.

Di Desa Tratebang Kecamatan Wonokerto , jumlah nelayannya,sekitar 200 orang, jumlah kapal 50 an. Mereka berangkat subuh, jam 1 pulang sudah mendapat penghasilan dari menangkap teri, unus 600ribu rupiah, dengan kapital atau modal 200 ribu rupiah

Kemudian kita juga sedang menyelesaikan pembangunan tanggul melintang yang melintasi daerah Tratebang. Saat ini air rob yang di pemukiman sudah surut sekitar 20 cm, tapi tanggul belum selesai. Tanggul ini dibuat dengan target waktu akhir bulan December 2019 sudah selesai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here