Puluhan produk olahan ikan masyarakat ditampilkan di Stand milik Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pekalongan dalam Pekan Raya Kajen (PRK) 2019.

Kepala Dinas Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pekalongan Sirhan mengatakan, berdasarkan intruksi dari atasan pada PRK 2019 masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dituntut untuk menampilkan produk unggulan yang dihasilkan dari masing-masing binaaanya. “untuk itu kami pamerkan display produk olahan ikan dari kelompok atau perorangan yang kami bina selama ini,” katanya, Jumat (13/9/2019).

Stand Dinlutkan Di Pekan Raya Kajen atau PRK 2019 ramai dikunjungi oleh pengunjung, Jumat (13/9/2019).

Menurutnya, hasil olahan ikan hasil binaan yang ditampilkan beraneka ragam yang berasal dari berbagai kecamatan dan desa yang ada di Kabupaten Pekalongan. “ada ikan asin, panggang irisan, petis, abon, pempek, siomay, rambak kulit pari, bandeng presto, tahu bakso, terasi, dan masih banyak lagi olahan yang kami tampilkan,” jelasnya.

Dijelaskan Sirhan, tujuan adanya stand Dinlutkan di PRK diantaranya untuk menampilkan dan memperkenalkan kepada masyarakat hasil olahana binaan Dinlutkan. “tapi kalau masyarakat yang tertarik dan mau pesan kita fasilitasi,” paparnya.

Selain menampilkan produk olahan ikan, di stand Dinlutkan juga di lengkapi dengan spot selfie berupa kapal kecil yang diperuntukan bagi pengunjung yang ingin mengambil gambar. “para pengunjung antusias untuk melihat stand kami, terbukti setiap harinya ada sekitar 200 orang berkunjung,” tutur Sirhan.

Para siswa antusias melihat koleksi yang ditampilkan di stand Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pekalongan

Dirinya berharap dengan adanya stand di PRK dapat memberikan motivasi kepada para pengolah ikan terutama untuk meningkatkan kualitas produksinya. “kita akan terus membina teman-teman pengolah menuju industrialisasi, terutama pengemasan produk atau packing, karena masih saat ini masih dikemas dengan cara tradisional,” harapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here