Untuk membantu memberikan informasi kepada masyarakat utamanya yang berkaitan dengan Agama, Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pekalongan membuka stand di Pekan Raya Kajen (PRK) 2019.

Adapun infomasi yang ditampilkan dalam stand di PRK tersebut meliputi informasi tentang pelayanan pernikahan, Pelayanan Haji, Informasi Madrasah dan Pondok Pesantren, Waqaf, Zakat, dll.

Stan Kemenag Kabupaten Pekalongan di Pekan Raya Kajen 2019.

Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pekalongan, Kasiman Mahmud Desky menjelaskan, Masyarakat diharapkan bisa lebih mengetahui informasi tentang tupoksi kemenag, sehingga jika ada keperluan yang berhubungan dengan tupoksi kemenag tidak canggung dan bingung. “Sebagai contoh, untuk informasi haji yang ditampilkan seperti persyaratan haji, waktu tunggu haji berapa tahun, sistem pendaftaran dan pembatalan haji. Untuk informasi pernihakan seperti sistem cara administrasi pernikahan, biaya pernikahan yang gratis atau berbayar,” Katanya Kamis (12/9/2019).

Stan Kemenag sendiri juga menampilkan seni baca Al-quran, Hafalan Surat Al-quran, Rebana, Nyanyi Islami, dan masih banyak lagi yang menari untuk dilihat dan juga menarik pengunjung agar datang ke stand.

“Semua penampilan sendiri rata-rata dari sekolah atau pesantren yang dibawah naungan kemenag,” ucapnya.

Para Siswa dari RA unjuk kebolehan di stan kementerian Agama Kabupaten Pekalongan.

Ada juga kuis untuk para pengunjung yang berhubungan dengan kemenag dan jika bisa menjawab dengan benar akan mendapatkan souvenir atau hadiah. Dan menurut petugas jaga stand, rata-rata jumlah pengunjung sendiri sekitar 350 sampai 500 an orang.

“Yang berkunjung ke stand kemenag bukan dari masyarakat saja, tetapi juga dari teman-teman madrasah, KUA, dan pondok pesantren yang juga ikut meramaikan,” tuturnya.

Harapan yang paling utama adalah agar bisa memberikan informasi yang berkaitan dengan tugas kemenag. Juga hampir semua OPD ikut serta kementerian yang vertikal seperti Polri, Kodim, Kementerian Agama, Kejaksaan diharapkan juga ikut berpartisipasi dalam rangka hari jadi Kabupaten Pekalongan ke-397.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here