Stand Dinas Kesehatan di Pekan Raya Kajen (PRK) 2019 melayani cek kesehatan bagi para pengunjung, adanya layanan cek kesehatan tersebut masyarakat antusias melakukan pemeriksaan kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan Setiawan Dwi Antoro mengatakan, dalam stand PRK kali ini Dinkes ingin mengajak masyarakat untuk berpola hidup sehat, salah satunya yakni dengan mengecek kesehatan. “jadi jangan menunggu sakit dulu baru dicek kesehatan, orang sehat pun harus dicek untuk deteksi dini,” katanya, Rabu (11/9/2019).

Sekda Kabupaten Pekalongan Mukaromah Syakoer, berserta Ketua Sementara DPRD Kabupaten Pekalongan Hindu dan Ketua PKK Kabupaten Pekalongan Munafah berkunjung ke Stand Dinas Kesehatan, Minggu (8/9/2019).

Menurutnya, pada hari pertama dibuka, Kata Setiawan, lebih dari 100 orang yang meminta untuk dicek kesehatannya di stand Dinkes. “kita cek kesehatan dari tiga aspek, diantaranya kadar gula darah, kolesterol dan asam urat,” terangnya.

Dalam gelaran PRK 2019, lanjut Setiawan, stand Dinkes mengambil tema “pola hidup bersih dan sehat” dengan salah satu programnya yakni Gerakan Masyarakat Sehat atau Germas. “pada saat pembukaan kita tampilkan tarian yang menggunakan pakaian dengan pola buah dan sayur sebagai edukasi kepada masyarakat untuk selalu mengkonsumsi keduanya, selain juga kita kenalkan senam peregangan,” jelasnya.

Untuk menyemarakkan stand, diadakan juga talkshow kesehatan yang diisi langsung oleh para ahli kesehatan dengan tema yang berbeda setiap harinya. “pada hari pertama saya sendiri yang mengisi talkshow, hari berikutnya kita ganti pemateri serta temanya, setelah itu kita adakan kuis dengan hadiah souvenir yang menarik,” tutur Setiawan.

Setiawan berharap, stand Dinkes di PRK 2019 dapat menjadi media program kesehatan bagi masyarakat. “diantaranya kita sosialiasikan tentang porgram Dinkes, upaya hidup bersih dan sehat, berpola hidup baik dan cara mencegah penyakit baik menular maupun tidak,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here