Berbagai hal unik disajikan dalam Pekan raya Kajen 2019, keunikan tersebut tidak hanya dari seni dan hiburan saja akan tetapi setiap stand memiliki keunikan tersendiri.

Salah satunya di stan Organisasi Perangkat daerah atau OPD milik Dinkominfo Kabupaten Pekalongan yang menghadirkan Virtual Reality (VR) game yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Dari dua hari pelaksanaan PRK, sudah ada ratusan orang yang mencoba sensasi bermain game yang “nyata”.

salah satu pengunjung stan Dinas Kominfo Kabupaten Pekalongan yang mencoba sensasi Virtual Reality (VR) game.

Kepala Bidang Penyelenggaraan E-Goverment Dinas Kominfo Kabupaten Pekalongan, Abdul Aziz saat dikonfirmasi, Selasa (10/09/2019) mengatakan, Virtual Reality (VR) merupakan teknologi yang membuat penggunannya dapat berinteraksi terhadap suatu objek grafis dengan visualisasi 3D. “atau dalam Bahasa Indonesiannya  Virtual Reality dikenal dengan istilah realitas maya,” terangnya.

Untuk menambah kesan nyata, tambah Abdul Aziz, saat bermain game, ada beberapa perangkat yang digunakan pengunjung diantaranya adalah kacamata VR, headset, walker dan glove atau sarung tangan. “dalam VR membuat mental fisik kita merasa seperti didunia nyata padahal itu fiktif,” terangnya.

Abdul aziz menjelaskan, dinas kominfo dalam PRK tetap konsen untuk menghadirkan informasi pelayanan publik, namun kehadiran VR Game menjadikan stan menarik dan diminati masyarakat. “kita dapat CSR dari mitra kami salah satunya dari penyedia alat-alat elektronik dan IT yakni VR game tersebut yang bisa dinikmati masyarakat,” tuturnya.

Selain ada VR game, lanjut Aziz, juga ada video wall yang menampilkan smart city dan berbagai aplikasinya, disamping itu juga ada layar informasi, game online. “tiap malam ada hadiah/souvenir menarik yang dapat dibawa pulang oleh pengunjung, tentunya dengan bermain dulu game yang kami sediakan,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here