Pameran Buku dan Arsip tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Pekalongan melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan ditargetkan dihadiri 25 ribu pengunjung.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Pekalongan Tutik Iriyanti pada acara pembukaan Pameran Buku dan Arsip tahun 2019 sekaligus launching I-Pekalongankab di Gedung Pertemuan Umum Kajen, Senin (9/9/2019).

Sekda Kabupaten Pekalongan Mukaromah Syakoer memotong untaian melati sebagai tanda resmi dibukanya Pameran Buku dan Arsip tahun 2019.

Dalam kesempatan tersebut dihadiri oleh Sekda, para Asisten, kepala OPD, para Camat, kepala sekolah, kepala desa dan pelajar. Dalam acar pembukaan juga diberikan penyerahan secara simbolis bantuan dari Perpusnas kepada empat Perpusdes berbasis inklusi sosial yakni Desa Sidomulyo Kecamatan Lebakbarang, Desa Sabarwangi Kecamatan Kajen, Desa Sampih Kecamatan Wonopringgo dan Desa Pucung Kecamatan Tirto.

Tutik Haryanti menambahkan, target pengunjung pameran buku diantaranya adalah para pelajar, mahasiswa, karyawan dan masyarakat umum. ” tahun kemarin target 25 ribu pengunjung telah terlampaui, semoga tahun bisa sampai 30 ribu pengunjung lebih,” terangnya.

Menurutnya, pameran yang di selenggarakan mulai tanggal 9 hingga 15 September diikuti oleh penerbit, distributor, toko buku, edutoys, kaset dan vcd edukatif. “ada sekitar 50 penerbit yang menempati 35 stan, karena beberapa stan diisi lebih dari satu penerbit,” paparnya.

Untuk menyemarakkan acara, Jelas Tutik, juga diadakan beberapa kegiatan pendung diantaranya lomba dari Paud, pelajar hingga masyarakat umum. “disamping itu kita juga mengadakan workshop perpustakaan masyarakat desa, penulisan artikel ilmiah dan cara mengdongen bagi guru paud dan SD. Juga kami adakan seminar, bedah buku, wisata buku dan pentas budaya,” tuturnya.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Pekalongan Tutik Iriyanti berdialog dengan pengunjung Pameran Buku dan Arsip tahun 2019, Senin (9/9/2019).

Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Pekalongan Mukaromah Syakoer mewakili Bupati Pekalongan sangat mengapresiasi kegiatan pameran buku dan arsip ini, karena menurutnya pelajar maupun masyarakat sangat respek dan bisa meningkatkan pengetahuan dan wawasan masyarakat. “kita harapkan ke depan terus ditingkatkan karena animo masyarakat terhadap membaca dan literasi semakin tinggi,” katanya.

Ditanya mengenai aplikasi I-Pekalongankab, sekda mengatakan, pihaknya sudah melihat aplikasi tersebut dan sangat terkesan, dan meminta agar aplikasi I-pekalongankab dapat di sambungkan ke pekalongan smart regency melalui dinas kominfo. “kita minta aplikasi ini bisa dinikmati masyarakat, dan Kabupaten Pekalongan sudah mempunyai portal resmi di Dinas Kominfo,” tuturnya didampingi Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Pekalonga Anis Rosidi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here