Sebanyak 6.850 Rumah Tangga Miskin (RTM) di Kabupaten Pekalongan mendapat bantuan bibit ayam atau DOC dari kementerian pertanian RI.

Bupati Pekalongan Asip Kholbihi bersama Kepala BPTP Jawa Tengah ke kepala BB Biogen berfoto bersama usai pemberian bantuan.


Pemberian bibit ayam merupakan program bedah kemiskinan Rakyat Sejahtera (#Bekerja) yang diserahkan Kepala BPTP Jawa Tengah ke kepala BB Biogen selanjutnya diberikan kepada Bupati Pekalongan dan diserahkan kepada Rumah tangga miskin pertanian (RTMP) yang berlokasi di Desa Watugajah Kecamatan Kesesi, Selasa (3/9/2019).
Bupati Pekalongan Asip Kholbihi saat dikonfirmasi usai kegiatan mengatakan, setiap RTMP mendapat 50 ekor anak ayam usia dua minggu, bantuan kandang senilai 500 ribu rupiah, dan bantuan pakan sebanyak 1kuintal. “mewakili pemerintah kabupaten pekalongan saya mengucapkan terimakasih, saya juga memotivasi masyarakat agar bantuan ini jangan disia-siakan karena tidak semua warga mendapat bantuan,” katanya.

Dengan bantuan ini, kata bupati, program ini juga dalam rangka menurunkan angka kemiskinan dari semua lini. “kita akan mengurai kemiskinan dari hulu yakni menambah income, karena angka kemiskinan dilihat dari belanja perkepala rumah tangga,” jelasnya

Dijelaskan, bahwa kegiatan ini merupakan ikhtiyar dari pemerintah untuk membantu warga miskin utamanya rumah tangga miskin pertanian di kota santri. “kita akan berusaha agar angka kemiskinan menjadi satu digit, yang sekarang masih diangka 10 lebih,” jelasnya.

Sementara itu kepala BB Biogen Mastur mengungkapkan, kelebihan ayam yang diberikan yakni produksi telurnya lebih banyak karena diambil dari beberapa jenis ayam kampung dengan kualitas bagus. “agar produksinya bagus harus juga diperhatikan kandangnya, pakanya, vaksinya, obatnya dan pemeliharaanya, selain memberikan anak ayam kita juga berikan bimbingan teknis agar mereka bisa tahu bagaimana pemeliharaanya serta akan kita dampingi sampai ayam bertelur,” tuturnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here