Dalam rangka Hari Jadi ke 397, Pemerintah Kabupaten Pekalongan menyelenggarakan khitan masal yang diikuti 98 anak dari 19 kecamatan yang ada di Kota Santri, Kamis (29/8/2019).


Sebelum acara khitan, para peserta khitan diarak dengan becak dari AKN Kajen atau perempatan Sibedug menuju ke Aula Lantai 1 Setda Kabupaten Pekalongan.

Para peserta khitan masal diarak menggunakan becak hias dari tugu nol kilometer menuju ke Aula Setda Lantai 1 sebelum di khitan.


Bupati Pekalongan Asip Kholbihi mengatakan, rata-rata peserta khitan masal adalah anak-anak kurang mampu dan juga peserta PKH. “kita bantu menghitankan anak-anak mereka, gratis semua dan mendapat uang saku,” kata Bupati didampingi Wakil Bupati Arini Harimurti, Asisten 1 Ali Reza, Kabag Kesra dan OPD lainya.  


Bupati menambahkan, selain mendapat seragam dan uang saku, para peserta khitan masal juga mendapat beasiswa untuk tingkat SD sebesar 450 ribu ditahun 2020 untuk satu tahun yang ditujukan untuk meringankan biaya pendidikan. “kita tadi sudah komitmen dengan para orang tua untuk menyekolahkan anaknya minimal setingkat SMA, syukur bisa lebih tinggi lagi yakni S1,” katanya.

Bupati Pekalongan Asip Khobihi bersama Wakil Bupati Pekalongan menyerahkan bantuan secara simbolis kepada peserta khitan masal.


Asip menuturkan, Kabupaten Pekalongan menargetkan Indeks Pembangunan Manusia atau IPM sebesar 70 ditahun 2021, sedang pada tahun ini berada dilevel 68,48. “ini butuh upaya yang serius, akan kita benahi dua sektor utama yakni pendidikan dan kesehatan, jika dua sektor ini bergerak paralel maka IPM akan semakin baik,” tutur Asip.


Sementara itu Asisten 1 Setda Kabupaten Pekalongan Ali Riza mengatakan, tujuan dari penyelenggaraan khitan masal ini selain memperingati Hari Jadi Kabupaten meringankan beban keluarga anak yang dikhitan. “kita fasilitasi seragam, peci, sandal, tas dan juga uang saku sebesar 500 ribu rupiah kepada anak yang dikhitan,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here