Acara Resepsi Peringatan Hari Jadi Kabupaten Pekalongan diramaikan dengan  Pegelaran Wayang Kulit dan Pesta Kembang Api sebagai penanda puncak dalam ke-397 di Halaman Parkir Pendopo Kabupaten Pekalongan Kajen, Kabupaten Pekalongan, Minggu (25/8/2019) malam.

Bupati Pekalongan Asip Kholbihi menyerahkan wayang kulit kepada dalang Ki Cahyo Kuntadi sebagai tanda dimulainya pagelaran wayang kulit.

Pentas wayang kulit dengan dalang Ki Cahyo Kuntadi dari Surakarta mengangkat cerita tentang Bima Gugah dan Bintang tamunya yaitu Ustadzah Hj. Kharida Yogi Nomara Abrory.

Dalam acara resepsi, Bupati Pekalongan Asip Kholbihi didampingi Waki Bupati Pekalongan Arini Harimurti menyerahkan penghargaan kepada para tokoh inspiratif dan pemenang lomba-lomba, serta sekaligus secara simbolis menyerahkan sebuah wayang kepada dalang sebagai tanda dimulainya pagelaran wayang kulit.

Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi, menerangkan bahwa Kabupaten Pekalongan ini sudah cukup tua karena sudah berumur 397 tahun. Selain itu pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga masyarakat Kabupaten Pekalongan yang sudah Sengkuyung bersama dalam pembangunan di Kabupaten Pekalongan.

“Dalam membangun Kabupaten Pekalongan ini tentunya telah menghadapi berbagai rintangan dan tantangan. Tetapi demi mewujudkan cita-cita luhur tentunya semua akan dilalui agar terwujud untuk mensejahterahkan masyarakat,” kata Bupati.

Setiap peringatan Hari jadi Kabupaten Pekalongan ini ada berbagai kegiatan seperti Kilau Raya, Pekan Raya Kajen (PRK), Mlaku-mlaku bareng Bupati dan Wakil Bupati Pekalongan dengan hadiah Rumah, Umroh, Motor dan berbagai hadiah yang lain.

“Ini merupakan rangkaian hari jadi dan mudah-mudahan berjalan dengan baik,” ujar Bupati Asip.

Bupati ditemani Wakil Bupati Pekalongan berfoto bersama bersama perwakilan penerima penghargaan tokoh inspirasi Kabupaten Pekalongan.

Dengan adanya acara seperti ini, masyarakat mendapatkan hiburan dan suasana tambah rukun dan guyub ditengah situasi nasional yang membutuhkan perekat sosial. Solidaritas sosial ini harus kita perekat dengan berbagai kegiatan yang melibatkan masyarakat.

“Contohnya momentum hari jadi ini kita gunakan sebagai alat untuk mengikat solidaritas dengan berbagai kegiatan seni budaya, olahraga dan bentuk yang lain. Saya kira ini sangat penting,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Sementara DPRD Kabupaten Pekalongan Hindun menambahkan agar selalu mengenang tentang sejarah berdirinya Kabupaten Pekalongan sampai dengan sekarang. “Kita perlu bersyukur pada para pendahulu dan juga kepada Allah SWT,” kata Hindun.

Mudah-mudahan dengan adanya resepsi ini bisa memberikan satu bentuk intropeksi diri untuk Kabupaten Pekalongan dalam rangka melangkah kedepan agar lebih baik. “Saya kira ini perlu menjadi renungan sehingga nanti pembangunan akan berjalan dengan baik,” terangnya.

Kita sudah melihat beberapa capaian prestasi yang dilakuklan oleh Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi, dan para jajarannya baik di bidang infrastruktur, pendidikan, kesehatan, sosial budaya yang tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Pekalongan.

“Saya ucapkan selamat Dirgahayu Kabupaten Pekalongan ke-397. Sejahtera rakyat kita, makmur dan adil serta pelayanan untuk masyarakat bisa lebih baik lagi,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here