Dindikbud Kabupaten Pekalongan menggelar lomba menyanyikan keroncong untuk remaja dan dewasa di halaman kantor Kesenian Kabupaten Pekalongan. Lomba tersebut selain merupakan rangkaian acara HUT RI ke-74 dan Hari Jadi Kabupaten Pekalongan ke-397 juga Sebagai bentuk melestarikan seni tradisional milik bangsa Indonesia.

Lomba keroncong ini untuk kategori Remaja Putri diikuti 15 peserta dan Remaja Putra ada 8 Peserta, sedangkan kategori Dewasa Putri ada 9 peserta dan Dewasa Putra ada 12 Peserta.

Salah satu peserta lomba keroncong yang diselenggarakan oleh Dindikbud Kabupaten Pekalongan dalam rangka memperingati HUT RI ke 74 dan Hari Jadi Kabupaten Pekalongan ke 397.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pekalongan, Sumarwati melalui Kasi Seni dan Musik, Syafri Dwiyanto menerangkan bahwa Kesenian keroncong merupakan peninggalan nenek moyang bangsa Indoenasi yang sarat penanaman nilai-nilai patriotisme dan nasionalisme. “Pada tahun 1960 an waktu jaman jepang masih ada di Indonesia para leluhur kita salah satunya Alm. Gesang dan Ibu Waljinah yang merupakan maestro keroncong kita tiap tahunnya biasa dipanggil jepang untuk tampil dalam rangka ulang tahun perdana menteri jepang,” katanya, Kamis (22/8/2019).

Untuk pemenang Remaja Putri juara 1 diraih oleh Siti Chumaeratul RF dari SMAN 1 Kajen, juara 2 oleh Nur Nilam Sari dari SMAN 1 Kajen dan juara 3 oleh Anisa Rostavia dari SMP Muhammadiyah Wiradesa. Sedangkan untuk pemenang Remaja Putra juara 1 diraih oleh Slamet Rohansyah dari SMAN 1 kajen, juara 2 oleh S. Nurdiansyah dari SMAN 1 Kesesi dan juara 3 oleh Raken Galih M dari SMAN 1 Doro.

Pemenang kategori Dewasa Putri juara 1 diraih oleh Siti Umi Hani dari Korwil Karanganyar, juara 2 oleh Purna P dari Kajen dan juara 3 oleh Nur Dwi Lestari dari PTSP dan Naker. Pemenang kategori Dewasa Putra juara 1 diraih oleh Djatmiko dari Kedungwuni, juara 2 oleh Wiyanto dari SMAN 1 Kajen dan juara 3 oleh Imam Dasuki dari Korwil Wonopringgo.

Masing-masing peserta yang menjadi juara akan mendapatkan Trophy, Piagam dan Uang Pembinaan, juara 1 sebesar Rp 1,5 juta, juara 2 sebesar Rp 1 juta dan juara 3 sebesar Rp 750 ribu. Dari lomba ini, nantinya Diharapkan Kabupaten Pekalongan bisa berpartisipasi dalam lomba tahun lomba keroncong remaja Tingkat Provinsi tahun 2020.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here