Dalam rangka memperingati HUT RI ke 74 dan Hari Jadi Kabupaten Pekalongan ke 397, Pemerintah Kabupaten Pekalongan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan Lomba Paduan Suara Mars dan Hymne Kabupaten Pekalongan.

Lomba yang digelar di gedung PPNI Kabupaten Pekalongan dari tanggal 19 hingga 21 Agustus tersebut diikuti siswa dari berbagai jenjang yakni dari tingkat SD hingga SMA.

Kepala dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten pekalongan melalui kasi seni dan musik Safri Dwiyanto mengatakan, lomba paduan suara Hymne dan Mars Kabupaten Pekalongan merupakan agenda rutin karena hal itu sesuai dengan perda kabupaten pekalongan no 7 tahun 2010. “dalam perda tersebut mewajibkan Pemkab Pekalongan untuk mensosialisasikan lagu hymne dan mars Kabupaten Pekalongan baik pada acara ceremonial, upacara maupun kompetisi atau lomba,” katanya.

Syafri menjelaskan, Dalam lomba tersebut diikuti 17 peserta dari paduan suara tinggkat SD, 12 peserta untuk tingkat SMP dan 7 peserta untuk tingkat SMA sederajat. “Walaupun untuk tingkat SMA/SMK itu ranahnya Provinsi, tetapi Bupati Pekalongan agar diikutkan dalam lomba, karena bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan kesenian,” terangnya.

Salah satu kelompok paduan suara tingkat SMA berfoto bersama usai pelaksanaan Lomba Paduan Suara Hymne dan Mars Kabupaten Pekalongan.

Safri menambahkan dalam lomba tersebut keluar sebagai juara 1 untuk SD yakni dari Kecamatan Karanganyar, juara dua dari Kecamatan Doro dan juara ketiga dari Kecamatan Kajen. Sedangkan untuk tingkat SMP juara satu diraih SMP 1 Lebakbarang, SMP 2 Wiradesa dan juara ketiga SMP 1 Kajen. Sedang untuk tingkat SMA, juara satu diraih SMA 1 kajen, juara kedua SMA 1 Kandangserang dan juara ketiga diraih SMA 1 bojong. “Untuk para juara diberikan hadiah berupa piagam, tropy dan uang pembinaan. Untuk juara satu mendapat uang pembinaan sebesar Rp 2 juta, Juara 2 Rp 1,5 juta dan Juara 3 Rp. 1 juta,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here