Dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-397 tahun 2019, jajaran Pemerintah Kabupaten Pekalongan melakukan ziarah ke makam para Bupati pendahulu, salah satunya yakni ke makam Bupati Pekalongan pertama yaitu Pangeran Mandurorejo yang dimakamkan di Kaliwungu Kabupaten Kendal.

Bupati Pekalongan Asip Kholbihi didampingi mantan Bupati Pekalongan Amat Antono menabur bunga di makam Pangeran Mandurorejo, Jumat (23/8/2019).

Dalam kegiatan tersebut Bupati Pekalongan KH. Asip Kholbihi, SH.,M.Si, Wakil Bupati Pekalongan Ir. Hj. Arini Harimurti, Ketua Sementara DPRD Dra. Hj. Hindun, MH, Forkopimda, Sekda beserta para Asisten, para Staf Ahli Bupati dan para Kepala Organisasi Perangkat Daerah melakukan Ziarah ke makam Bupati Pekalongan I yaitu Pangeran Mandurorejo di Kaliwungu Kabupaten Kendal, Jumat (23/8/2019) sore.


Bupati menyampaikan terimakasih kepada penerus Pangeran Mandurorejo yang sudah menyambut kedatangan rombongan. “tradisi ziarah ke makam Pangeran Mandurorejo sudah menjadi kegiatan rutin Pemkab karena sudah dilakukan oleh bupati terdahulu dan kebiasaan ini harus dipertahankan,” katanya.


Bupati menambahkan, bahwa makam-makam bupati pekalongan terdahulu banyak tersebar di beberapa kota/kabupaten di sepanjang pantai utara. “makam Bupati Pekalongan ada yang di Kendal, Kabupaten Tegal, Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan sendiri dan bahkan ada pula yang di Gresik,” tutur Asip.

Bupati Pekalongan Asip Kholbihi memberikan sambutan dihadapan para keturunan Pangeran Mandurorejo dan masyarakat setempat.


Dijelaskan asip, ziarah ke makam Pangeran Mandurorejo merupakan agenda penting, karena makam tersebut merupakan situs sejarah bagi lahirnya Kabupaten Pekalongan. “Pangeran Mandurorejo merupakan bupati pertama Pekalongan yang sangat berjasa bagi perkembangan kabupaten Pekalongan selanjutnya,” terangnya

Bupati berharap, kepada keturunan Pangeran Mandurorejo agar dapat melanjutkan spirit perjuangannya yang sangat heroik dalam melawan pasukan VOC dan jika pada masa sekarang yakni dengan membangun wilayah masing-masing sesuai dengan kodratnya. “semoga ziarah ini menjadi amal sholeh dan tercatat sebagai birul walidain sehingga hajat kita dapat dikabulkan,” harapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here