Pelaksanaan Kajen Gemuruh sebagai salah satu rangkaian peringatan HUT RI ke 74 dan hari Jadi Kabupaten Pekalongan yang ke 397 ditahun berikutnya agar dilakukan inovasi, seperti diadakan lomba bagi peserta.

Demikian disampaikan Wakil Bupati Pekalongan Arini Harimurti saat dikonfirmasi usai kegiatan. Adapun, Kajen gemuruh sendiri merupakan even tahunan yang diikuti oleh grub drumband baik dari TK/SD/SMP yang berkumpul menjadi satu di Alun-alun Kajen untuk bersama-sama melantunkan lagu-lagu nasional yakni Garuda Pancasila, Hari Merdeka dan Maju Tak Gentar.

Wakil Bupati Pekalongan Arini Harimurti memberikan sambutan pada acara Kajen Gemuruh ke 6 Tahun 2019 di Alun-Alun Kajen, Selasa (20/8/2019).

Wakil Bupati Pekalongan Arini Harimurti menambah, bahwa dirinya senang sekali dengan adanya Kajen Gemuruh, karena mereka berasal dari penjuru Kabupaten Pekalongan dengan seragam yang beraneka namun secara bersama-sama memainkan alunan yang sama, hal itu merupakan salah satu bukti adanya semangat persatuan. “tahun depan saya harap kegiatan ini dapat dilombakan, sehingga tambah menarik dan mereka datang kesini tidak hanya memainkan tiga lagu dan panitia menyediakan hadiah menarik bagi yang berprestasi,” Kata Arini, Selasa (20/8/2019).

Wakil Bupati mengucapkan terimakasih kepada  peserta yang telah mengikuti acara Kajen Gemuruh, menurutnya kegiatan ini tidak hanya dimaknai sebagai acara rutinan Pemkab Pekalongan saja akan tetapi adalah upaya untuk mewujudkan persatuan. “Negara Indonesia adalah negara besar yang mempunyai potensi budaya yang besar dengan kemajemukan dan pluralitas masyarakatnya, untuk itu perlu dipupuk dan dilestarikan salah satunya dengan kegiatan Kajen Gemuruh ini,” terangnya.

Salah satu penampilan peserta Kajen Gemuruh tahun 2019, mereka unjuk kebolehan dalam beratraksi dan memainkan drumband.

Sementara itu Ketua Panitia Peringatan HUT RI ke 74 dan Hari Jadi Kabupaten Pekalongan yang ke 397, Ali Riza mengatakan, bahwa Kajen Gemuruh tahun 2019 merupakan tahun ke 6 pelaksanaan, dengan maksud untuk memberikan ruang ekspresi bagi grup drumband yang ada di Kabupaten Pekalongan. “ada 150 grup drumband yang mengikuti yakni dari 55 grup drumband TK/RA 70 grup SD/MI dan 25 grup dari SMP/MTs, mereka antusias untuk mengikuti baik dari awal hingga waktu pelaksanaan,” katanya.

Dlam kegiatan tersebut, Wakil Bupati didampingi suami Amat Antono, Dandim 0710 Pekalongan, Muspida, kepala OPD dan puluhan ribu peserta dan masyarakat memenuhi alun-alun Kajen.  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here