Kirab Budaya sebagai salah satu rangkaian dari peringatan HUT RI ke 74 dan Hari Jadi Kabupaten Pekalongan Ke 397 tahun 2019 berbeda, jika tahun sebelumnya kirab dilaksanakan dari Kecamatan Kesesi, pada tahun ini kirab akan dilaksanakan dari Kecamatan Kedungwuni.

Demikian disampaikan ketua Panitia Peringatan HUT RI ke 74 dan Hari Jadi Kabupaten Pekalongan Ke 397, Ali Riza. Menurutnya kirab budaya akan dilangsungkan pada tanggal 25 Agustus dan dimulai dari Kecamatan Kedungwuni menuju ke Wonopringgo, Karanganyar, Jalan Singosari dan jalan Diponegoro kemudian ke Tugu Nol Kilometer dan pendopo. “kita mulai kirab dari Kedungwuni dengan maksud edukasi sekaligus menghibur masyarakat. Meski dimulai dari Kedungwuni namun prosesi budaya dan sarasehan budaya tetap di Kecamatan Kesesi termasuk ziarah makam Ki Ageng Cempaluk,” katanya, Sabtu (17/8/2019).

salah satu prosesi Kirab Budaya Kabupaten Pekalongan tahun 2018.

Selain itu, tambah Ali Riza, Peringatan HUT RI ke 74 dan Hari Jadi Kabupaten Pekalongan Ke 397 telah dimulai sejak beberapa waktu yang lalu, yakni dimulai dari Pengukuhan Paskibra, Adi Bangkit, Penyerahan Bendera Pusaka, Upacara Detik-Detik Proklamasi Serta Aubade Dan Penurunan Bendera.”setelah itu malamnya digelar resepsi HUT RI ke 74 di Pendopo, sebelumnya juga di gelar doa bersama di Taman Makan Pahlawan dilanjutkan dengan Apel Kehormatan dan Renungan Suci,” tutur Ali Riza yang juga Asisten 1 Setda.

Setelah peringatan HUT RI, lanjut Ali Riza, disambung dengan peringatan Hari jadi, yakni kegiatan Kajen gemuruh pada tanggal 20 Agustus, ziarah makam mandurorejo pada tanggal 23 dan pada tanggal 24 diisi dengan ziarah ke Ki Ageng Cempaluk dan malam harinya akan diisi dengan doa bersama antar umat beragam. “untuk malam resespsi hari jadi akan diisi pagelaran wayang kulit dan pesta kembang api. Pada tanggal 22 Agustus juga direncanakan akan ada acara mlaku-mlaku bareng bupati dan wakil bupati namun ini masih tentatif” jelasnya.

Untuk selanjutnya, sambung Ali Riza, pada tanggal 26 Agustus akan dilaksanakan Rapat Paripurna Hari Jadi kabupaten Pekalongan ke 397, untuk berikutnya ada kemilau raya dari sebuah stasiun TV Nasional pada tanggal 31 Agustus dan 1 September. “untuk Pekan Raya Kajen atau PRK akan dilaksanakan pada tanggal 8 hingga 15 September di dalam PRK juga akan dilaksanakan Kajen batik Karnival,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here