Festival 3000 Piring Nasi Goreng yang diadakan oleh Pemerintah Desa Wonopringgo Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan akan diramaikan dengan pertunjukan wayang golek.

Kepala Desa Wonopringgo Haryanto saat melakukan Talkshow di Studio LPPL RKS FM Kabupaten Pekalongan dengan tema “Festival 3000 Nasi Goreng”, Sabtu (17/8/2019).

Festival tahunan yang diselenggarakan untuk memperingati HUT RI Ke 74 tersebut akan dilaksanakan pada Selasa malam (20/8/2019) di desa setempat, yang juga akan diisi dengan peresmian tugu kampung nasi goreng dan panggung hiburan.

Kepala Desa Wonopringgo Kecamatan Wonopringgo Haryanto mengatakan, acara festival nasi goreng tahun ini merupakan tahun ke tiga pelaksanaan, dan merupakan ajang sedekahnya para pedagang nasi goreng asal desa wonopringgo dengan harapan kesejahteraannya akan semakin meningkat. “untuk pedagang nasi goreng disini ada 100an lebih yang tersebar di beberapa kecamatan di Kabupaten Pekalongan seperti Kajen, Karangnyar, Kedungwuni Dan Buaran serta dibeberapa kota tetangga dan kota besar seperti Bandung dan Jakarta,” katanya, Sabtu, (17/8/2019).

Festival tersebut, kata Haryanto, berawal dari program dari Kementerian Desa yakni one village one product yang mengharuskan desa mempunyai produk unggulan. “kebetulan di desa kami banyak pedagang nasi goreng, dengan harapan nasi goreng dapat dikenal masyarakat lebih jauh lagi dengan difestivalkan,” jelasnya.

Menurutnya, dahulu masyarakat desa Wonopringgo adalah pedagang nasi goreng yang berjaya di Jakarta dan termasuk dalam masyarakat yang kaya, namun karena ada persaingan perlahan mulai berkurang. “dan sekarang para anak buahnya yang dahulu bekerja di Jakarta mulai mengembangkan bisnis di sekitar Pekalongan dan mulai ada beberapa yang berhasil,” kisahnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here