Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) RI Ke 74 dan Hari Jadi Kabupaten Pekalongan yang ke 397, Pemerintah Kabupaten Pekalongan melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Dinperkim LH) Kabupaten Pekalongan mengadakan Lomba Desa Bersih tingkat Kabupaten Pekalongan

Panitia Lomba Desa Bersih, Ari Lanang Arfiyanto mengatakan tujuan diadakanya Lomba Desa Bersih adalah membudayakan pola hidup bersih dan sehat yang dimulai dari tingkat terkecil yakni desa. “untuk tahun ini kita ambil perwakilan dari masing-masing kecamatan yakni 19 desa yang mengikuti lomba ini, dan diharapkan dapat menjadi virus bersih bagi desa-desa lainnya” terangnya.

Lomba sendiri, kata Ari, dimulai pada tanggal 12 hingga 22 Agustus kemudian hasilnya akan diumumkan pada saat hari jadi kabuaten pekalongan pada tanggal 25 Agustus. “saat ini kita sedang mengadakan proses seleksi dan roadshow ke desa-desa untuk melakukan penilaian dan seleksi ditingkat kecamatan,” jelasnya.

Adapun kriteria lomba, desa bersih dimulai dari Kantor Kepala Desa, dilanjutkan dengan pengelolaan sampah desa, keasrian dan kebersihan ditingkat pemukiman. “ini juga sebagai ikhtiyar kita untuk kembali meraih adipura yang kita mulai dari desa, dan kedepan akan kami jadikan agenda rutin setiap tahun,” Kata Ari Lanang. Untuk hadiah sendiri, lanjut Ari, akan disediakan piala, piagam dan uang pembinaan bagi juara satu dan tiga serta piagam dan uang pembinaan bagi juara harapan 1 sampai 3. “untuk juara pertama kita sediakan uang senilai 12 juta, sedangkan untuk juara kedua dan ketiga masing-masing 10 juta dan 8 juta. Sedang untuk juara harapan masing-masing 3 juta, 2,75 juta dan 2,5 juta,” jelasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here