Untuk mengedukasi masyarakat, khususnya para pedagang pasar, Gerakan Gotong Royong Hidup Bersih dan Sehat (Gentong Hebat) yang dicanangkan oleh Ketua TP PKK Kabupaten Pekalongan Dra Hj Munafah Asip Kholbihi, melakukan bersih-bersih di Pasar Bojong, Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan, Jumat (16/8/2019).

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pekalongan Drs. Munafah bersama Gentong Hebat membersihkan Pasar Bojong, Jumat (16/8/2019)

Gentong Hebat bersama Dinas Perkim LH, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Pemerintah Kecamatan Bojong, dan unsur lainnya melakukan kegiatan bersih-bersih di area pasar, baik membersihkan jalan,  maupun selokan.

Ketua TP PKK Kabupaten Pekalongan Munafah Asip Kholbihi, mengatakan, kegiatan gentong hebat berkolaborasi dengan berbagai dinas, dan khusus pembersihan pasar bekerjasama dengan dinas perindustrian, perdagangan, Koperasi dan UMKM (Disperindagkop UMKM). “kita mengedukasi masyarakat agar terbiasa hidup bersih, tujuannya agar Kabupaten Pekalongan menjadi kota yang nyaman untuk ditinggali dari berbagai aspek, salah satunya pasar tradisional,” jelasnya.

Dijelaskan Munafah,kegiatan gentong hebat dilaksanakan rutin selama seminggu sekali yakni tiap hari jumat. “selain dengan disperindag kita juga bekerjasama dengan dinkes untuk membersihkan rumah sakit, puskesmas dan faskes serta dinas pendidikan membersihakan sekolahan dan sungai juga kita bersihkan,” jelasnya.

Munafah berharap, dengan adanya gerakan bersih-bersih tersebut masyarakat akan termotivasi untuk menjaga lingkungan sekitarnya agar tetap bersih dan sehat. “tahun ini kita sudah adakan lomba desa bersih dan tahun depan kita akan adakan lomba pasar bersih. Kita akan dorong agar masing-masing dinas mengadakan lomba kebersihan,” harapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here