Palang Merah Indonesia atau PMI Kabupaten Pekalongan, yang menyiapkan bingkisan khusus bagi pendonor darah. Hal ini dilakukan, guna menarik lebih banyak orang menyumbangkan darah selama bulan puasa, ketika jumlah pendonor darah biasanya menurun.

“Bingkisan yang diberikan merupakan ucapan terimakasih dan kenang-kenangan kepada pendonor yang sudah peduli dengan kemanusiaan,” ujar Dokter Liliy Gunawan selaku pelaksana tugas Kepala Unit Transfusi darah PMI Kabupaten Pekalongan, Rabu (8/5/2019).

Lily menjelaskan, setiap harinya ada 40 orang yang menyumbangkan darahnya. Tidak hanya itu, biasanya pada pertengahan Ramadan pendonor lebih ramai dan paling ramai pada saat setelah buka puasa. “kalau pas siang hari agak kurang, mungkin karena banyak yang puasa sehingga mereka lebih memilih malam harinya,” terangnya.

Dokter Liliy Gunawan berharap dengan adanya bingkisan khusus ini, mampu memancing pendonor agar ketersediaan darah di PMI tetap mencukupi kebutuhan masyarakat, sebab tren permintaan darah selama puasa cenderung naik. “kita berharap para pendonor tetap melakukan aksi kemanusiaanya karena ketersediaan darah sangat membantu disaat kondisi kritis,” tandanya. (fik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here