Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama Forkompinda dan pimpinan Parpol Kabupaten Pekalongan menggelar deklarasi kampanye damai dalam rangka menyambut agenda kampanye terbuka Pemilu 2019.

Acara tersebut berlangsung di depan kantor KPU, Sabtu (23/3/3019). Adapun untuk pelaksanaan kampanye terbuka dijadwalkan mulai pada tanggal 24 Maret sampai dengan 13 April 2019 mendatang.

Bupati Pekalongan Asip Kholbihi melepas peserta pemilu damai 2019 di depan Kantor KPU Kabupaten Pekalongan, Sabtu (23/3/2019).

Selain deklarasi kempanye pemilu damai, KPU Kabupaten Pekalongan juga melakukan penanda tanganan komitmen bersama menjaga proses pesta demokrasi menjadi jauh lebih baik.

Ketua KPU Kabupaten Pekalongan Abi Rizal dalam sambutanya menyampaikan, terdapat 29 lapangan yang bisa di gunakan untuk rapat umum terbuka untuk kampanye. “ada 14 partai politik yang mengikuti kontestasi pemilu di Kota Santri, saya berharap kepada seluruh kontestan untuk menjaga kondisi Kabupaten Pekalongan agar tetap aman, damai dan tertib, serta jadikan pemilu kali ini menyenangkan,” harapnya

Sementara itu Bupati Pekalongan Asip Kholbihi menuturkan, inti dari kegiatan pemilu damai diantaranya adalah menciptakan pemilu yang aman, damai dan berkualitas serta tidak merusak persendian kesuatuan dan persatuan. “peserta pemilu kita ajak untuk berkontestasi secara sehat serta menjunjung sendi-sendi demokrasi,” terangnya.

Dijelaskan bupati, ada ceruk pemilih yang harus digarap serius oleh KPU yakni pemilih milenial, karena selain jumlahnya yang besar namun tingkat partisipasinya masih kurang. “KPU harus lebih masif dalam mensosialisasikan pemilu ke pemilih milenial, terutama yang pada pemilihan yang lalu sudah memiliki hak pilih tapi belum menggunakan,” paparnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here