Setelah terobosan inovatif Pemerintah Kabupaten Pekalongan mengatasi rob yang sudah menjadi permasalahan serius dengan membuat tanggul raksasa, kini pemkab berencana memanfaatkan long storage atau bangunan penahan air tanggul raksasa tersebut untuk dimanfaatkan sebagai wisata air.

Demikian disampaikan oleh Bupati Pekalongan Asip Kholbihi saat meninjau pembangunan tanggul penahan rob paket 2 di Kecamatan Wonokerto, Selasa (12/3/2019). Menurutnya long storage memiliki lebar 30 meter dengan kedalaman 1 meter dan panjang bentanganya hingga 4 kilometer. “ini bisa kita manfaatkan untuk wisata air yang luar biasa karena alami dan mempunyai fungsi sebagai penahan rob,” katanya.

Bupati menambahkan, ke depan selain ada pantai Wonokerto sebagai wisata pantai yang terus berkembang akan di lengkapi wisata air deket pantai di sini. “nanti wisatawan bisa bermain dayung, naik kapal, jetski dan wahana air lain yang akan kita siapkan,” kata bupati.

Menurutnya, pembangunan wisata air ini merupakan hikmah bagi warga Wonokerto yang selama ini di uji dengan musibah rob sejak tahun 2008. “kami akan ajak masyarakat melalui pokdarwis untuk mengembangkan wisata kreatif yang muaranya untuk kesejahteraan masyarakat,” tuturnya.

Khusus untuk tanggul penahan rob, telah dimulai sejak tahun 2017 dengan pola multiyears dan ditarget selesai tahun 2019. “meskipun belum selesai, namun hasil pembangunan tanggul sudah dapat dirasakan, salah satu indikatornya, Kantor Kecamatan Wonokerto yang selama ini terendam sekarang kondisinya sudah normal kembali,” jelas Asip.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here