RKS- Salah satu hasil kerjasama antara Institut Pertanian Bogor (IPB) dengan Pemerintah Kabupaten Pekalongan diantaranya untuk membantu petani mengatasi hama dan penyakit tanaman, utamanya pohon cengkeh.

Rektor IPB Arif Satria saat ditemui di Paninggaran, Jumat (1/3/2019) mengatakan IPB akan konsen mengatasi permasalahan penyakit cengkeh yang dikeluhkan oleh petani. Menurutnya, kalau sebelumnya dalam mengatasi masalah pohon cengkeh dilakukan secara parsial dan sproradis melalui mahasiswa KKN, namun kali ini akan diselesaikan secara utuh dan sistematis. “kita harapkan produksi cengkeh di Kabupaten Pekalongan dapat bangkit lagi seperti dulu dan bisa dijadikan salah satu komoditas yang dapat menghidupi masyarakat,” terangnya.

Seorang petani berdialog dengan Rektor IPB tentang permasalahan penyakit tanaman, Jumat (1/3/2019).

Arif menambahkan, IPB juga akan menyediakan mobil klinik yang bisa digunakan secara mobile ke seluruh daerah. “kita akan bekerjasama dengan penyuluh pertanian, sehingga para petani tidak perlu repot, akan kita datangi, ada sekitar 120 punyuluh pertanian yang siap membantu dan memberikan treatmen,”

Selain membantu petani cengkeh yang mengalami penyusutan produksi hingga 30 persen, kata Arif, pihaknya juga akan membantu petani durian. “kita juga ada kerjasama dalam bidang pertanian, santri preneurship dan pembinaan kepada petani,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here