RKS – Ada yang berbeda pada penyelenggaraan Gerakan Masyarakat Stop Kematian Ibu Melahirkan Dan Anak atau Gema Setia yang diadakan oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Pekalongan di Kecamatan Kesesi, Kamis, (14/2/2019).

Pada kegiatan tersebut ada Inovasi dari Kecamatan Kesesi yaitu Selametan Memetri Wiji Dadi yang mempunyai arti Memelihara Bayi Dalam Kandungan atau Tingkeban yang memadukan tiga unsur yaitu Kesehatan, Budaya dan Agama.

Ketua Tim PKK Kabupaten Pekalongan Munafah mengatakan, masing-masing kecamatan mempunyai inovasi tersendiri pada saat gema setia. Khusus di Kecamatan Kesesi Selametan Memetri Wiji Dadi. “untuk dikecamatan lain mungkin tradisi selamatan ibu hamil tersebut sudah jarang, akan tetapi di Kesesi, masyarakatnya masih lekat akan budaya, sehingga acara Selametan Memetri Wiji Dadi masih banyak dilakukan,” katanya.

Selain itu juga dilaksanakan, Pemeriksaan 165 ibu hamil resiko tinggi, Pemeriksaan 48 balita dengan gizi kurang, Senam Ibu Hamil, Donor Darah, Penyuluhan Kesehatan. “Pemeriksaan umum, Laborat Sederhana dan Penyerahan 15 Sertifikat Asi Eksklusive,” jelasnya.

Sementara itu Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan KEsesi Tuti Haryati menyampaikan pihaknya mendukung program gema setia yg di inisiasi oleh ibu ketua TP PKK Kabupaten Pekalongan. “Karena hal tersebut salah satu ikhtiar dalam upaya menurunkan angka kematian ibu dan bayi khususnya di Kecamatan Kesesi,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here