RKS- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan meresmikan gedung baru yakni gedung Tarbiyah dan Fakultas Ilmu Keguruan di Desa Rowolaku Kecamatan Kajen, Kamis (14/2/2019).

Gedung tersebut merupakan gedung kedua yang diresmikan oleh Kemenag RI dan direncanakan diakhir 2019 akan ada satu lagi gedung yang akan diresmikan.

Direktur Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) Kemenag RI Arskal Salim, didampingi Bupati Pekalongan Asip Kholbihi dan Rektor IAIN Pekalongan Ade Dedi Rohayana meresmikan gedung baru IAIN di Kajen, Kamis (14/2/2019).

Direktur Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) Kemenag RI Arskal Salim mengatakan, pembangunan gedung tersebut merupakan bagian pengembangan dan juga relokasi secara bertahap IAIN Pekalongan. “untuk gedung IAIN Pekalongan di Kota Pekalongan kondisinya sudah tidak layak untuk pembelajaran dikarenakan terdampak rob, kita targetkan sampai tahun 2020-2021 pembelajaran sudah bisa dilangsungkan di kampus baru ini, intinya kami dari Kemenag RI mendukung penuh pembangunan dan pengembangan IAIN Pekalongan,” tuturnya.

Sementara itu Bupati Pekalongan Asip Kholbihi menuturkan, pembangunan IAIN Pekalongan di Kajen mempercepat akselerasi infastruktur baik ekonomi, pendidikan maupun pembentukan karakter manusia. “Kampus ini adalah sarana untuk memperdalam ilmu agama yang mempunyai karakteristik Islam rahmatan lil alamin, serta pusat mencetak sarjana Islam,” ujar bupati.

Dijelaskan Bupati, sebelum IAIN berdiri di Desa Rowolaku, penduduk didesa tersebut biasa saja, harga tanah masih murah. “setelah berdiri IAIN Pekalongan banyak maayarakat disekitar membangun temlat usaha, tempat kos, dan warung,” jelasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here