RKS- Gerakan Masyarakat Stop Kematian Ibu Melahirkan dan Anak atau Gema Setia yang Diinisiasi oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Pekalongan menargetkan Kabupaten Pekalongan zero Kematian Ibu Hamil/Melahirkan Dan Balita.

Ketua TP PKK Kabupaten Pekalongan memantau pemeriksaan ibu hamil pada kegiatan Gema Setia di Kecamatan Kesesi, (14/2/2019).

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pekalongan Munafah Asip Kholbihi mengatakan, Gema Setia telah di cananangkan sejak dua tahun yang lalu, dan ditahun 2018 telah memeriksa 150 ibu hamil di masing-masing kecamatan di Kota Santri. “program ini juga turut didukung relawan dari Aisyatul Aisiyah, umroh Rifaiyah, Fatayat dan juga PKK serta di support oleh dua perusahaan besar yakni Amway dan TBIG,” kata Munafah yang didampingi Ketua PKK Kecamatan Kesesi Tuti Haryati saat menghadiri acara Gema Setia di Kecamatan Kesesi, Kamis (14/2/2019).

Pada tahun 2019 ini, kata Munafah, gema setia telah melakukan kegiatan di empat kecamatan yakni di Kecamatan Tirto dan Wiradesa pada Bulan Januari dan Kecamatan Bojong dan Kesesi pada bulan Februari. “di Kecamatan Kesesi dan Bojong kematian ibu hamil sampai saat ini masih zero, saya berharap diikuti oleh Kecamatan yang lain, kita akan terus canangkan program ini ke seluruh kecamatan yang ada,” ujarnya.

Khusus untuk kerjasama dengan TBIG, katanya, untuk memeriksa ibu hamil terutama yang berisiko tinggi. “sedang kerjasama dengan Amway untuk mengatasi balita kurang gizi, tahun ini kami mendapat 23 ribu bok bantuan Nutrilite Little Bitts sedang anak kurang gizi di Kabupaten Pekalongan hanya 492 anak, selebihnya nanti kita akan berikan untuk menambah gizi balita yang lain,” terangnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here