Wisatawan dapat menaiki perahu Kayak sembari menikmati indahnya panorama Telaga Mangunan di Kecamatan Petungkriyono

RKS – Seakan tak pernah ada habisnya wisata di Kabupaten Pekalongan, kini Pemkab Pekalongan membuka tempat wisata baru yakni Telaga Mangunan yang terletak di Dusun Mangunan Tlogo, Desa Tlogohendro, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. Sebelum dibuka, Pemkab Pekalongan melakukan pembersihan telaga yang memiliki luas sekitar 10 hektare sejak bulan Januari lalu.

Kasi Pengembangan Wisata Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Pekalongan, Purwo Susilo mengatakan Masyarakat Desa Tlogohendro, setiap hari Minggu, gotong royong melakukan pembersihan untuk membuka telaga tersebut. “Bulan April 2019 nanti, Telaga Mangunan resmi dibuka,”katanya, Selasa (12/2/2019).

Pihaknya menuturkan akses jalan menuju Telaga Mangunan sudah beraspal, dan hanya membutuhkan waktu 10 menit berjalan kaki untuk menuju lokasi wisata dari jalan raya. “Ke depan rencananya akan ada wahana perahu kayak di Telaga Mangunan, baik fasilitas maupun infrastruktur masih dipersiapkan,” imbuhnya.

Terpisah Bupati Pekalongan Asip Kholbihi, menjelaskan, Telaga Mangunan merupakan telaga di Pegunungan Kendeng. “Air telaga sangat jernih dan pemandangannya menawan, dan menawarkan panorama alam yang mengesankan untuk para pengunjung,” kata Bupati Asip.

Bupati menambahkan, pembukaan Telaga Mangunan menjadi pelengkap destinasi wisata yang ada di Kabupaten Pekalongan. “Selain menjadi pusat batik Kabupaten Pekalongan juga kami proyeksikan menjadi tempat kunjungan bagi wisatawan,” terangnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here